Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu 2024, Rektor IPB Imbau Lima Hal Ini

Kompas.com - 05/02/2024, 14:04 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rektor IPB University, Prof. Arif Satria mengajak dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa IPB University untuk bersama-sama memelihara nilai-nilai integritas akademik. Hal itu mengingat semakin dinamisnya situasi politik pada proses pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Dengan semangat kebersamaan, Prof. Arif mengimbau lima hal yang mesti dijaga oleh segenap warga IPB University.

Baca juga: Daftar Jalur Mandiri Masuk IPB 2024, Siswa Tingkat Akhir Wajib Tahu

Pertama, dia mengajak warga IPB University untuk berkontribusi secara aktif menjaga dan memastikan kampus IPB University tetap menjadi lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi.

"Dosen dan tenaga kependidikan diharuskan menjunjung tinggi asas netralitas," kata dia dilansir dari laman IPB, Senin (5/2/2024).

Kedua, dia menyebut kebebasan berpendapat adalah hak kita semua yang dijamin konstitusi, karena itu diskusi dan dialog yang konstruktif dalam kerangka kebebasan mimbar akademik harus terus kita jaga.

"Pentingnya untuk menyampaikan pemikiran dan pendapat dengan penuh tanggung jawab, menghormati perbedaan pandangan situasi politik dan menjunjung tinggi etika serta moral akademis," jelas dia.

Ketiga, dalam setiap diskusi maka sangat penting bagi warga IPB University untuk menjaga integritas akademik, dengan mengutamakan pendekatan yang berbasis fakta dan data.

Dia juga berpesan untuk juga menghargai keragaman pandangan dengan sikap yang santun.

"Saya mengajak warga IPB University untuk berpikir kritis dalam menerima berbagai informasi yang beredar dan menghindari penyebaran informasi yang tidak benar," tambah dia.

Baca juga: 20 Jurusan IPB University dengan Daya Tampung Besar pada SNBP 2024

Keempat, terkait pilihan politik, dia meminta semua untuk memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan di antara warga IPB University, dengan sikap saling menghormati dan menerima perbedaan.

"Warga IPB University diharapkan berperan serta dalam menghindari polarisasi di masyarakat yang mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap dia.

Dengan memelihara integritas akademik dan nilai-nilai kebangsaan yang luhur, dia berharap warga IPB University dapat berkontribusi secara positif terhadap pembangunan bangsa dan negara, terutama di bidang Agromaritim.

"Mari kita tunjukkan IPB University adalah lembaga pendidikan yang selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa," ungkap dia.

Baca juga: IPB University Berencana Buka Kampus di Malaysia

Kelima, dia juga mengungkapkan harapannya agar Allah SWT senantiasa memberkahi dan melindungi kita semua dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab sebagai bagian dari insan akademis yang berintegritas dan profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com