Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB University Berencana Buka Kampus di Malaysia

Kompas.com - 16/01/2024, 18:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - IPB University sedang menyiapkan peluang untuk pengembangan kampus IPB di luar negeri. Rencana pengembangan kampus ini tersampaikan dalam acara Kick Off Meeting yang dilakukan pada 9 Januari 2024.

"Sesuai milestones IPB 2024-2028, IPB University ingin mencapai Global Engagement pada 2026. Pendidikan mendunia di IPB University diejawantahkan dalam bentuk pendirian kelas, program studi dan kampus internasional," kata Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Deni Noviana, seperti dilansir dari laman IPB, Senin (15/1/2024).

Baca juga: 20 Jurusan IPB University dengan Daya Tampung Besar pada SNBP 2024

Dia memaparkan, terdapat tiga poin utama yang diusung dalam tema kerja 2026: Global Engagement, yaitu global student and alumni network, global collaborative research, serta global industrial engagement.

Ketiga poin tersebut menjadi landasan dalam arus mobilitas internasional.

Dalam perjalanannya, Prof. Deni mengatakan, IPB University memiliki daya tarik dan faktor pendorong dalam menguatkan arus mobilitas internasional.

Seperti halnya skema pembelajaran, engaging learning journey, student life yang dinamis dan sehat, serta hassle-free international student services yang menjadi daya tarik mahasiswa internasional.

"Selain itu, tagline 'IPB Students Going Global' (mobilitas mahasiswa IPB yang melakukan exchange ke luar negeri) memperkuat pendidikan mendunia IPB University," jelas dia.

Pada tahun 2024, IPB University membuka kelas internasional pada sejumlah program studi, yaitu smart agriculture, kedokteran hewan, ilmu dan teknologi kelautan, teknologi pangan, teknik industri pertanian, manajemen, agribisnis, ekonomi sumber daya dan lingkungan, serta ekonomi syariah dan bisnis.

"Modal dasar atau kekuatan IPB University untuk membangun kampus di luar negeri salah satunya adalah keilmuan, sumber daya manusia (SDM), capital/material, serta kekuatan jejaring," ungkap dia.

"Apabila ekosistem yang sehat sudah terbentuk, maka semakin besar peluang IPB University untuk mencapai pendidikan mendunia," tambah dia.

Baca juga: 4 Jalur Masuk IPB 2024, Ada Jalur Khusus OSIS

Menurut dia, rencana pembukaan kampus IPB University di luar negeri memiliki potensi market di beberapa negara, yaitu Malaysia, Tiongkok, Timur Tengah, Afrika serta Timor Leste.

Potensi besar akan dibangun di Negeri Jiran, Malaysia. Karena adanya permintaan 1.000 dokter hewan di negara tersebut.

Pada acara Kick Off Meeting, Prof. Deni Noviana turut menggandeng para wakil rektor, dekan, direktur, kepala unit, mantan atase pendidikan, dan sivitas akademika IPB untuk berdiskusi mengenai pengembangan kampus IPB di luar negeri.

Baca juga: Ini Kuota Prodi Kedokteran IPB pada SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri 2024

"Langkah selanjutnya, IPB University akan membentuk focus group discussion yang berkaitan dengan technical issues pengembangan kampus luar negeri. Dengan agenda ini, harapannya IPB University menjadi lebih dekat untuk mendunia dan eksis di kancah internasional," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com