Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pernyataan Sikap Rektor UIN Jakarta Terkait Pemilu 2024

Kompas.com - 04/02/2024, 14:19 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pemilihan umum (Pemilu) 2024 tinggal menghitung hari yang pelaksanaannya akan dihelat pada 14 Februari 2024.

Adanya pelaksanaan Pemilu 2024, Rektor UIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar memberikan pernyataan sikapnya.

Baca juga: Sivitas Akademika UI Siap Kawal Pemilu 2024 yang Jujur dan Adil

Menurut Prof. Asep, pemilu merupakan salah satu tonggak demokrasi yang berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai warga negara, kita bersama-sama bertanggung jawab untuk ikut serta dalam menentukan arah masa depan bangsa melalui hak pilih yang dimiliki.

"Untuk itu, mari kita kawal pelaksanaan Pemilu 2024 sebagai panggung yang sarat dengan nilai-nilai kebangsaan, solidaritas, dan persatuan," kata dia dalam keterangan resminya, Minggu (4/2/2024).

Dalam menjaga Pemilu 2024 sebagai panggung sarat nilai-nilai kebangsaan, solidaritas, dan persatuan, dia mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk:

1. Menghargai dan menghormati perbedaan pilihan politik setiap individu. Perbedaan pandangan dan pilihan politik merupakan modal dalam memperkaya pemahaman sekaligus memperkuat kesadaran berbangsa dan bernegara.

2. Mengutamakan pendidikan politik bagi masyarakat dan meningkatkan partisipasi Pemilu dengan menjunjung tinggi harmoni, damai, dan bertanggung jawab dalam menggunakan hak pilihnya.

3. Menolak segala bentuk kampanye yang mengandung kebencian dan merendahkan martabat pihak lain, sehingga menyulut konflik dan permusuhan.

Baca juga: UIN Jakarta Buka 6 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru pada 2024

4. Menghentikan segala upaya penyebaran informasi palsu (hoaks) yang merusak iklim demokrasi dan mengajak masyarakat untuk bersikap kritis dan bijak dalam menyaring informasi sebelum menyebarkannya, serta mengutamakan sumber informasi yang dapat dipercaya.

5. Menjaga keadaban publik dan mengajak seluruh pihak untuk mengedepankan dan memperkuat ikatan persaudaraan dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

6. Berkomitmen mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 sebagai proses demokrasi yang mengedepankan sikap tawassuth, itidal, tasamuh, musyawarah, dan ishlah, sehingga Pemilu berlangsung damai bagi kemajuan Indonesia.

Baca juga: 10 PTKIN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024, Ada UIN Jakarta

"Saya harap pemilu 2024 bisa berlangsung damai, adil, dan bermartabat, serta mendapat rida dari Allah SWT," tutup Prof. Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com