Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sivitas Akademika UI Siap Kawal Pemilu 2024 yang Jujur dan Adil

Kompas.com - 02/02/2024, 18:43 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) mendeklarasikan sikap terhadap situasi politik dan demokrasi Indonesia menjelang Pemilu 2024.

Ketua Dewan Guru Besar UI, Prof. Harkristuti Harkrisnowo mengatakan siap mengawal pemilu yang langsung umum, bebas, dan rahasia serta tidak akan tinggal diam dengan berbagai tekanan terhadap masyarakat.

Baca juga: Apakah Siswa SD-SMA Libur Sekolah Saat Pemilu 2024? Ini Infonya

"Saat ini kita bisa melihat pendapat rakyat ditekan, rakyat yang berpendapat untuk mendukung calon presiden yang lain diintimidasi. Saya kira sudah saatnya lah kita semua, alumni UI dan juga spirit dari Akademi UI bersuara," kata Harkristuti dalam keterangan resminya, Jumat (2/2/2024).

Pernyataan serupa disampaikan Guru Besar Antropologi dan Ketua Program Pascasarjana Universitas Indonesia (UI), Prof. Sulistyowati Irianto.

Menurut dia, UI memiliki jejak panjang dalam peta berdirinya Indonesia, dan senantiasa menyuarakan kebenaran demi kepentingan rakyat.

Salah satunya melalui keterlibatan Rektor UI, Supomo yang merupakan salah seorang pendiri bangsa.

Dia menjelaskan, Supomo secara khusus menyampaikan mandat kepada sivitas akademika Universitas Indonesia, agar harus merebut kembali zaman kejayaan Sriwijaya yang menjadi pusat ilmu pengetahuan dunia.

"Karena itu jangan rusak Indonesia hanya untuk kepentingan politik sesaat hanya untuk mementingkan kepentingan nepotisme keluarga," ujar Sulis.

Baca juga: Rektor Unpad: Kampus Bisa Ciptakan Pemilu yang Damai

Dia mengungkapkan, sivitas akademika UI tidak akan tinggal diam dan akan terus mengawasi jalannya Pemilu 2024 agar berjalan secara jujur dan adil, tanpa ada tekanan atau intimidasi.

"Kami tidak akan tinggal diam kami sivitas akademika UI akan terus mengawasi apa yang terjadi di luar sana terima kasih," kata Sulis.

Harkristuti menambahkan, Dewan Guru Besar UI berkomitmen mengawal jalannya Pemilu dan telah berkomunikasi dengan Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Baca juga: Rektor Unika Atma Jaya: Keputusan Tepat Anak Muda Dibutuhkan dalam Pemilu 2024

"Kami telah mencanangkan akan melakukan pengawalan terhadap Pemilu jujur dan adil pada 2 bulan yang lalu. Jadi kami akan melanjutkan apa yang sudah diikrarkan pada saat itu bersama-sama seluruh PTN-BH di seluruh Indonesia. Kami masing-masing akademi maupun bersama-sama juga akan terus mengawal untuk memastikan pemilu berlangsung luber," tutup Harkristuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com