Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Taruna Kembali Jadi Rektor Unej untuk Periode 2024-2028

Kompas.com - 02/02/2024, 17:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Iwan Taruna kembali dilantik menjadi Rektor Universitas Jember (Unej) periode 2024-2028.

Pelantikan Iwan Taruna langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Ristek, Suharti yang mewakili Mendikbud Ristek Nadiem Makarim di Gedung A Kemendikbud Ristek, Jakarta, pada Rabu (31/1/2024).

Baca juga: Mendikbud Resmi Lantik Prof. Helmi Jadi Rektor Unja Periode 2024-2028

Sekjen Suharti meminta agar Rektor Universitas Jember memastikan seluruh target yang sudah diberikan kementerian dapat tercapai, mengingat tahun 2024 adalah tahun krusial.

Menurut Suharti, tahun 2024 adalah akhir dari Rencana Strategis jangka menengah 2020-2024 bagi semua lembaga termasuk Kemendikbud Ristek.

Sebagai kementerian yang bertugas mengawal pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui pendidikan, maka Kemendikbud Ristek dituntut mampu menyediakan layanan pendidikan bagi seluruh warga Indonesia.

Tahun 2024 juga menjadi pijakan awal merencanakan Rencana Strategis jangka menengah 2024-2028.

"Oleh karena, saya meminta rektor terpilih untuk memastikan semua target yang diberikan dapat tercapai secara optimal. Kedua, segera susun barisan agar mampu membuat perencanaan beserta target yang optimal untuk periode tahun 2024-2028. Saya percaya, dengan kolaborasi dan kerja sama yang baik dengan semua kepentingan, maka target Kemendikbud akan tercapai," kata dia dilansir dari laman Unej, Jumat (2/2/2024).

Selanjutnya Sekjen Kemendikbud Ristek mengingatkan tahun 2024 sebagai tahun politik yang wajib disikapi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menjaga netralitas serta menjunjung kode etik ASN.

Selain melantik Rektor Universitas Jember, Sekjen Kemendikbud Ristek juga melantik Rektor Universitas Jambi, Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta dan para pejabat pratama di lingkungan Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Rektor: Jadi Mahasiswa Unair Tak Perlu Khawatir Soal Biaya Kuliah

Iwan Taruna menyatakan siap mengemban amanah sebagai Rektor Unej periode 2024-2028.

Menurut dia pesan yang diberikan oleh Sekjen Kemendikbud Ristek sudah dilakukan dan akan ditingkatkan kinerjanya di Universitas Jember.

Hal ini terbukti pada beragam prestasi dan rekognisi yang sudah diraih oleh Kampus Tegalboto selama kepemimpinannya di periode tahun 2020-2024.

Baca juga: Chatarina Girsang Jadi Plt. Rektor UNS, Ini Jejak Pendidikan dan Pengalamannya

"Salah satu program yang sedang diwujudkan oleh Universitas Jember di tahun 2024 ini adalah bertransformasi dari PTN Badan Layanan Umum menjadi PTN-BH. Saya yakin dengan semangat gotong royong, kolaborasi dan kerja sama maka seluruh target bisa kita wujudkan," tutup Iwan Taruna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com