Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Resmi Lantik Prof. Helmi Jadi Rektor Unja Periode 2024-2028

Kompas.com - 02/02/2024, 15:29 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim diwakilkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Ristek Suharti resmi melantik Prof. Helmi sebagai Rektor ke-9 Universitas Jambi periode 2024-2028.

Pelantikan itu berlangsung di Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemendikbud Ristek, Jakarta, Rabu (31/2/24).

Baca juga: Handa S. Abidin Dilantik Jadi Rektor President University di Usia 38 Tahun

Prof. Helmi menggantikan Prof. Sutrisno yang menjabat pada periode 2020-2024. Prof. Helmi berhasil meraih suara terbanyak pada pemilihan Rektor yang dilaksanakan pada Rabu (22/11/23).

Suharti mengatakan, Kemendikbud resmi melantik Rektor Unja, Rektor Unej, dan pejabat di lingkungan Kemendikbud.

"Kepada Rektor Unja dan Unej periode 2024-2028, kami sangat berharap bapak-bapak dapat mendorong peningkatan kinerja perguruaan tinggi masing-masing, lihat kembali capaian kinerja yang telah dicapai sampai saat ini, pasang target yang optimal dan langsung menyusun barisan untuk memastikan target-target yang bapak capai pada tahun 2024-2028 dapat terlaksana," kata dia dilansir dari laman Unja, Jumat (2/2/2024).

Dia menyebut, untuk semua pejabat yang dilantik agar bergotong royong, bekerja sama, berkolaborasi, dan tetap memegang prinsip didalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

"Pesan khusus, pastikan seluruh ASN yang berada di bawah unit kerja saudara dapat menjaga netralitas dan mampu menjunjung tinggi kode etik dan kode perilaku sebagai ASN yang profesional," jelas dia..

Dia mengucapkan terima kasih kepada Prof. Sutrisno atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan dan tetap semangat untuk melanjutkan pengabdian sebagai abdi negara.

"Semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjalankan amanah untuk membangun bidang pendidikan dan mencerdaskan bangsa Indonesia," ungkap dia.

Prof. Helmi lahir di Campang Tiga, pada 6 Juni 1971. Dia menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hukum UNJA pada tahun 1995.

Baca juga: Rektor: Jadi Mahasiswa Unair Tak Perlu Khawatir Soal Biaya Kuliah

Kemudian, dia melanjutkan studi S2 pada tahun 2008 dan S3 tahun 2011 di Universitas Padjadjaran (Unpad).

Saat ini, dia merupakan Guru Besar di Fakultas Hukum Unja.

Prof. Helmi pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Jambi tahun 2012-2013, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama dan Sistem Informasi Fakultas Hukum Universitas Jambi tahun 2013-2017, dan menjadi Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi periode 2017-2021.

Baca juga: Rektor: Lulusan Undip Cepat Dapat Pekerjaan

Selain itu Prof. Helmi juga aktif diberbagai kegiatan organsiasi dan profesi, seperti Tim Ahli Biro Hukum Setda Provinsi Jambi, Asosiasi Pengajar Hukum Lingkungan Indonesia, Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara Provinsi Jambi, dan Komisi Disiplin Asprov PSSI Jambi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com