Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Career Day" SMAN 1 Depok, Siapkan Siswa Pilih Jurusan dan Kariernya

Kompas.com - 01/02/2024, 10:24 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mendukung eksplorasi karier siswa di masa depan, SMAN 1 Depok Sleman Yogyakarta menyelenggarakan Career Day #12.

Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA, siswa akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau bahkan bekerja.

Oleh karena itu informasi seputar perguruan tinggi hingga dunia kerja akan sangat dibutuhkan siswa.

Menurut Waka Kesiswaan SMAN 1 Depok Eko Yuliyanto, kegiatan Career Day ini bertujuan agar siswa bisa mengeksplorasi karier masa depannya dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Paling Diminati di UGM Tahun 2023

Siswa dapat informasi langsung dari perguruan tinggi

Mulai dari program studi, jurusan, fakultas, universitas yang diminati sesuai dengan bakat dan minatnya.

"Yang kedua siswa mendapatkan informasi first hand langsung dari narasumber pertama yaitu para perguruan tinggi yang dihadirkan di sekolah," terang Eko kepada Kompas.com, Kamis (1/2/2024).

Eko menerangkan, dengan kehadiran perguruan tinggi langsung maka informasi yang didapatkan siswa akurat dan tidak bias.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah Binus 2024 Kampus Bekasi

Siswa bisa konsultasi gratis

Dengan diadakannya Career Day, lanjut Eko, diharapkan juga akan memperluas jejaring komunitas karier antara pihak sekolah dan mitra perguruan tinggi.

"Networking yang luas ini pada akhirnya akan memberi kemanfaatan baik bagi siswa sekolah maupun perguruan tinggi," imbuh Eko.

Agenda Career Day SMAN 1 Depok ini memberikan banyak informasi penting yang dibutuhkan para siswa dan orangtua siswa yang hadir secara antusias.

Acara ini didukung oleh perguruan tinggi mitra baik negeri maupun swasta. Seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Politeknik Nuklir Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Sanata Dharma (USD), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Universitas Islam Indonesia (UII) FBE/Akuntansi, Taiwan Education Center, Amikom Yogyakarta dan berbagai perguruan tinggi lainnya.

Baca juga: 10 Jurusan Unair yang Sepi Peminat tapi Prospek Kerjanya Menjanjikan

Dalam kegiatan yang dikemas one stop service ini para siswa selain mendapat informasi juga bisa konsultasi gratis, dan mendaftar masuk perguruan tinggi yang diminati.

"Eksplorasi karier siswa sangat dibutuhkan untuk menentukan pilihan karier masa depan siswa secara tepat sehingga bisa mandiri dan bahagia," papar Eko Yuliyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com