Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PUPR Prioritaskan Perbaikan Gedung SMAN 1 Sumedang Pascagempa

Kompas.com - 07/01/2024, 14:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono akan memprioritaskan perbaikan kerusakan sekolah SMAN 1 Sumedang akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,8 pada Minggu (31/12/2023).

Hal itu dikatakan Basuki saat meninjau kondisi SMAN 1 Sumedang pada Rabu (3/1/2024) bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyu Mijaya.

"SMA Negeri 1 Sumedang menjadi prioritas yang harus segera ditangani pascagempa," kata Basuki dilansir dari laman resmi Disdik Jawa Barat.

Baca juga: Disdik Jabar Buka Opsi Pembelajaran Online bagi Sekolah Terdampak Gempa Sumedang

Basuki mengatakan, pihaknya akan menurunkan tim komite untuk menilai mengenai layak fungsi bagian gedung mana yang bisa digunakan dan tidak.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyu Mijaya menjelaskan, bangunan yang rusak akibat gempa perbaikannya memang dibawah naungan Kementerian PUPR.

Oleh karena itu, Wahyu berharap ada solusi yang terbaik agar proses belajar dan mengajar bisa berjalan dengan baik.

"Kami akan menunggu kebijakan lebih lanjut seperti apa. Insya Allah, semua mendapat yang terbaik," ujar Wahyu.

Sebelumnya diberitakan, Wahyu Mijaya telah mengajukan permohonan asesmen kelayakan pada beberapa sekolah di Jawa Barat setelah diguncang gempa.

Baca juga: 8 Beasiswa S1-S3 yang Dibuka Januari 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Jika hasil penilaian menunjukkan bangunan tidak layak digunakan, maka sekolah akan melakukan pembelajaran secara hybrid yakni luring atau daring.

"Kami sudah usulkan ke Dinas PUPR untuk segera mengasesmen, menilai bangunan ini layak fungsi atau tidak," kata Wahyu dilansir dari laman resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat, Rabu (3/1/2024).

Wahyu pun berharap, semua proses tersebut berjalan lancar sehingga tidak mengganggu keberlangsungan pembelajaran siswa di awal semester tahun 2024.


"Mudah-mudahan tidak ada lagi gempa susulan. Sehingga, saat nanti siswa masuk sekolah semua dalam kondisi yang layak," ucap dia.

Kabupaten Sumedang diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 4,8 pada Minggu (31/12/2023) sekira pukul 20.34 WIB.

Titik gempa bumi berada di timur laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 5 kilometer. Gempa susulan berkekuatan 4, 4 magnitudo kembali mengguncang wilayah Sumedang, Senin (1/1/2024) pukul 20.46 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com