Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raker UNJ Tahun 2023 Tekankan Arti Penting Kemandirian Menuju PTNBH

Kompas.com - 15/12/2023, 11:29 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar rapat kerja evaluasi kerja tahun 2023 bertajuk “Mandiri Menuju Reputasi International 2024” pada 13—15 Desember 2023 di Naraya Ballroom UTC UNJ, Jakarta.

Rapat kerja evaluasi tahun ini menghadirkan tiga narasumber; Suharti (Sekertaris Jenderal Kemendikbudristek), Amich Alhumami (Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas), dan Prof. Abdul Haris (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia).

Sekjen Kemendikbudristek, Suharti membawakan materi "Penguatan Tatakelola Keuangan Menuju Kemandirian Universitas (PTNBH)", Amich Alhumami (Deputi Bidang Pembangunan Manusia) membawakan materi "Pengembangan Universitas Menuju World Class University" dan Prof. Abdul Haris (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI) membawakan materi “Kiat Sukses dalam Pemeringkatan Word Class University Rangking”.

Wakil Rektor UNJ Bidang Perencanaan dan Kerja sama, Prof. Fahrurrozi menyampaikan, kegiatan ini diikuti para pimpinan lingkungan UNJ, baik Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Direktur Pascasarjana, dan Dekan yang nantinya akan melaporkan kinerja selama satu tahun.

Laporan yang akan disampaikan para pimpinan ini sangat penting dalam rangka untuk melihat kinerja setiap tahun dan diharapkan laporan ini sebagai memorandum akhir jabatan.

Prof. Fahrurrozi menjelaskan, tema yang diusung dalam rapat kerja pada tahun ini dipilih dalam strategi UNJ menuju PTNBH sehingga membutuhkan kemandirian dalam berbagai aspek.

"Selanjutnya bereputasi, harapannya UNJ bisa menjadi perguruan tinggi yang bisa bereputasi tentunya membutuhkan dukungan berbagai pihak yang ada di UNJ," jelasnya. Oleh karena itu, Prof. Fahrurrozi menegaskan, laporan akhir tahun 2023 ini menjadi penyesuaian untuk memulai tahun 2024 menuju perguruan tinggi bereputasi.

Rektor UNJ Prof. Komarudin menekankan pentingnya evaluasi kinerja karena sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja kepada masyarakat dan pemerintah.

"Kita senantiasa harus melakukan evaluasi sampai titik mana kita saat ini. Selanjutnya, untuk menyusun anggaran tahun 2024 mengacu pada hasil evaluasi tahun ini, rencana strategis atau strategi bisnis," jelas Prof. Komarudin.

"Mudah-mudahan di tahun 2024, UNJ menjadi PTNBH bisa ditetapkan oleh Presiden. Dengan begitu, maka kita harus menengok tema rapat kerja tahun ini. Kita harus mandiri terutama dalam hal keuangan. Bagaimanapun keuangan akan menjadi penopang utama, banyak strategi yang harus dilakukan selain optimalisasi aset dan unit bisnis," ujar Prof. Komarudin.

Baca juga: Ini yang Disampaikan Mendikbud Nadiem pada Rapat Kerja Komisi X DPR RI

Selain rektor, kegiatan evaluasi tahunan UNJ ini juga dihadiri Prof. Ahman Sya (Sekretaris Senat), para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga, para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Wakil Dekan, Kepala UPT, para Kepala Kantor dan para pejabat lainnya di lingkungan UNJ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com