Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 PTN yang Terima Siswa SMK Masuk Jurusan Kedokteran 2024

Kompas.com - 15/12/2023, 10:42 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan Kedokteran di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) umumnya dibuka bagi siswa lulusan SMA atau MA. Tetapi, ada lima PTN yang membuka program studi (Prodi) S1 Kedokteran bagi lulusan SMK di tahun 2024.

Sebelumnya, pada seleksi mahasiswa baru tahun 2022, lulusan SMK tidak bisa mendaftar jurusan ini.

Namun, setelah diterapkannya Merdeka Belajar saat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, siswa SMA, MA maupun SMK bisa lintas jurusan saat kuliah.

Baca juga: UPI Buka Fakultas Kedokteran pada 2023, Sekian Biaya Kuliahnya

Kebebasan memilih jurusan ini perlu dilandasi dengan kesadaran yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan studi dengan baik.

Tidak semua siswa SMK dapat memilih jurusan ini. Hanya siswa SMK Jurusan Kesehatan perawatan, Kesehatan Masyarakat, atau Ilmu Gizi. Sebab ada linieritas antara bidang studi saat sekolah dan saat kuliah nanti.

Untuk PTN yang membuka Jurusan Kedokteran bagi lulusan SMK, yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Andalas (Unand).

Serta PTN di jalur mandiri Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat atau SMMPTN Barat, tidak ada persyaratan khusus untuk siswa memilih Jurusan Kedokteran.

Jadi bagi siswa lulusan SMA, SMK, MA bisa mendaftar Jurusan Kedokteran lewat jalur mandiri ini. Adapun syaratnya, simak di bawah ini.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 9 Kampus Swasta, Ada yang Rp 899,5 Juta

5 PTN yang buka Jurusan Kedokteran buat siswa SMK

1. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Unnes baru saja membuka Jurusan Kedokteran khusus tahun 2023. Dari persyaratan yang ada di laman Unnes, lulusan SMK bisa ikut mendaftar. Ini rincian persyaratannya:

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat tahun 2023, 2022, dan 2021 dari sekolah yang terakreditasi dan sudah memiliki ijazah.
  • Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar.
  • Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri Wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).
  • Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di bidang studi.
  • Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes.

Baca juga: 13 PTN Buka Jurusan Kedokteran Baru 2024, IPB, ITS, hingga UPI

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Pada jalur atau seleksi mandiri UPI untuk jurusan kedokteran tahun lalu, ada syarat yang dipenuhi untuk lulusan SMK. Ini persyaratan lengkapnya:

  • Warga Negara Republik Indonesia (WNI).
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2023, 2022, dan 2021.
  • Mempunyai kesehatan fisik dan bebas buta warna yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya, dibuktikan dengan adanya Surat Keterangan Sehat dan Bebas Buta Warna dari Rumah Sakit atau Puskesmas.

Kuota kedokteran di UPI sebanyak 50 siswa.


3. Universitas Bangka Belitung

UBB baru pertama kali membuka Jurusan Kedokteran tahun 2023. Namun pendaftarannya melalui SMMPTN Barat.

Bagi para lulusan SMA/SMK/MA yang berkeinginan untuk melanjutkan ke Program Studi Kedokteran, bisa memilih di jalur ini.

Untuk alokasi kuota pada angkatan pertama ini berjumlah 40 orang dan itu juga berlaku pada beberapa angkatan berikutnya.

Baca juga: 11 Jurusan Kedokteran Termurah Jalur SNBP untuk Daftar pada 2024

Berikut syarat masuk Prodi Kedokteran UBB pada SMMPTN Barat:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com