Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Hilangkan Lemak di Wajah ala Dosen FK UM Surabaya

Kompas.com - 05/12/2023, 12:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Lemak di wajah seringkali mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Kondisi ini sendiri terjadi sebagai akibat dari bertambahnya lemak pada seluruh bagian tubuh.

Untuk menghilangkan lemak di wajah, Dosen Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya Neny Triastuti membagikan beberapa tipsnya.

Pertama, perbanyak minum banyak air putih. Selain menghilangkan lemak di wajah, minum cukup air putih juga penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Ini Cara Bikin 6 Konten Medsos Berkualitas ala Dosen DKV UM Surabaya

"Meminum air putih sebelum makan dapat membuat lebih cepat kenyang dan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan," kata dia dilansir dari laman UM Surabaya, Selasa (5/12/2023).

Kedua, olahraga kardio dapat menerunkan berat badan dan membakar seluruh lemak.

"Latihan kardio dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Supaya mendapat hasil yang maksimal, cobalah melakukan latihan kardio sekitar 20 menit hingga 40 menit per hari. Jenis olahraga kardio yang dianjurkan, seperti berlari, bersepeda, dan berenang," ujar Neny.

Ketiga, mengonsumsi makanan berserat. Karena, makanan serat dapat memperlancar pencernaan dan membuat merasa kenyang lebih lama.

"Serat secara alami ditemukan dalam makanan-makanan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Idealnya, disarankan untuk mengonsumsi 25-38 gram serat makanan per hari dari sumber-sumber makanan tersebut," ucap wanita yang juga berprofesi jadi Dokter Spesialis Kecantikan ini.

Keempat, membatasi konsumsi alkohol. Itu karena alokohol bisa memicu penumpukan lemak di wajah. Alkohol merupakan minuman yang tinggi kalori, tapi rendah nutrisi.

Maka dari itu, sebaiknya membatasi konsumsi alkohol agar tubuh tidak menerima asupan kalori secara berlebihan. Asupan kalori yang berlebih dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak.

Kelima, istirahat yang cukup. Kurang istirahat dapat memicu penambahan berat badan dan lemak di wajah.

"Ketika berat badan turun, maka lemak tubuh, termasuk di wajah juga akan ikut berkurang seiring berjalannya waktu," jelas Neny.

Baca juga: Dosen UMM: Ini Penyebab Anak Muda Suka Pinjol

Keenam, kurangi konsumsi karbohidrat olahan, seperti biskuit, keripik, dan pasta yang bisa menyebabkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak.

"Karbohidrat olahan ini telah melewati banyak proses sehingga mengurangi kandungan nutrisi dan serat yang ada di dalamnya," sebut dia.

Ketujuh, jangan mengonsumsi garam berlebihan. Maka dari itu, sebaiknya menghindari makanan olahan atau cemilan yang banyak mengandung garam. Saat tubuh berhenti menahan cairan, tubuh dan wajah akan jadi terlihat lebih ramping.

Kedelapan, rutin melakukan senam muka yang bisa membuat wajah menjadi terlihat lebih ramping.

Selain itu, cara ini juga bisa membantu melawan penuaan serta meningkatkan kekuatan otot wajah.

Beberapa senam wajah penghilang lemak yang bisa diakukan, seperti mendorong pipi dengan menggunakan udara dari satu sisi ke sisi yang lain, menggerak-gerakan bibir ke berbagai arah, dan menahan senyum dalam waktu tertentu.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini 6 Penyebab Gigi Sensitif

"Penelitan menyebut, melakukan senam wajah 2 kali per hari selama 8 minggu memperkuat otot serta meningkatkan peremajaan wajah. Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efektivitas senam muka dalam menghilangkan lemak di wajah," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com