Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Bikin 6 Konten Medsos Berkualitas ala Dosen DKV UM Surabaya

Kompas.com - 30/11/2023, 18:24 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Membuat konten yang berkualitas merupakan suatu hal yang sangat penting agar konten yang disampaikan di media sosial (medsos) dapat menarik pengguna media sosial.

Di era digital saat ini, konten yang berkualitas menjadi kunci bagi content creator dan content writer untuk dapat menaikkan traffic atau viewer dalam sebuah platform media sosial.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Ini 6 Penyebab Gigi Sensitif

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan agar konten yang dibuat menjadi konten yang berkualitas? Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) UM Surabaya Musayyidatul Ummah menyebut ada enam tips yang bisa menjadi konten medsos berkualitas.

Pertama, lakukan riset. Melakukan riset merupakan hal yang penting, agar dapat menemukan gagasan konten yang tepat agar dapat diingat oleh audiens.

Dengan melakukan riset seseorang dapat memahami konten yang tepat untuk dibuat.

"Melakukan riset menjadi hal utama yang perlu diperhatikan agar kita dapat menghasilkan konten yang berkualitas," ujar dia dilansir dari laman UM Surabaya, Kamis (30/11/2023).

Kedua, riset keyword. Menemukan kata kunci yang tepat merupakan hal penting agar dapat menemukan hal yang menarik.

"Riset keyword penting dilakukan agar seseorang dapat bersaing dengan competitor. Beragam tools dapat digunakan untuk mempermudah dalam melakukan pencarian keyword," jelas dia.

Ketiga, headline yang bagus. Headline yang bagus akan menarik perhatian besar terhadap minat pembaca.

Namun demikian, bukan berarti seseorang hanya membuat headline saja, namun juga isi konten juga perlu diperhatikan agar isinya tetap berkualitas.

"Karena jika kontennya berkualitas maka pembaca akan kembali lagi. Oleh karena itu setelah kita menemukan ide konten serat kata kunci, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah membuat headline yang kuat dan bagus," ungkap Mussayidatul.

Keempat, sudut pandang yang unik. Seseorang yang rutin melakukan riset akan semakin terlatih dan mudah menemukan sudut pandang yang menarik dan unik saat membuat konten.

Baca juga: Lulus dari Undip, Marshanda Gapai IPK 3,66

"Ini diperlukan agar hasil karya atau konten yang dibuat memiliki perbedaan dari konten-konten yang lain," ucap dia.

Kelima, sumber informasi yang kredibel. Kredibilitas sumber informasi menjadi hal penting.

Karena, pembaca akan percaya dengan konten yang dibuat jika seseorang memberikan informasi dari sumber yang memiliki kredibilitas yang tinggi.

Namun seseorang juga perlu berhati-hati dalam memilih sumber informasi, karena jika mencantumkan sumber yang tidak akurat hal tersebut akan mempengaruhi reputasi brand, perusahaan atau instansi.

Keenam, buat konten yang interaktif dengan melibatkan audiens.

Membuat konten yang interaktif, sebut dia, salah satu caranya menggunakan metode storytelling. Itu agar mudah buatlah paragraf pertama yang menarik dalam konten agar audiens bisa tertarik sejak awal.

Baca juga: 5 Perbedaan Jenjang Kuliah D3, D4, dan S1, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

"Dalam membuat konten yang berkualitas perlu belajar terus menerus, agar kita dapat menemukan pola dan wawasan baru. Oleh karena itu berlatih dan konsisten untuk terus menemukan jenis konten yang berkualitas agar dapat diterima oleh masyarakat," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com