Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2023, 19:19 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Rizkisyah Putra Singarimbun atau Kiki menjadi juara kedua pada ajang MasterChef Indonesia season 11.

Meskipun menempati posisi kedua, penampilan Kiki mendapat banyak sanjungan sepanjang kompetisi berlangsung.

Baca juga: Syarat Masuk SMA Taruna Nusantara, Cek Biaya Sekolahnya

Tidak hanya keahlianya dalam memasak, Kiki yang merupakan alumnus SMKN 8 Medan, Sumatera Utara, pada tahn 2018 ini ternyata mampu mengalahkan sejumlah lawan-lawannya yang umumnya merupakan lulusan sekolah kuliner dari luar negeri.

Sebelum tampil di babak Grand Final, Kiki telah lebih dahulu mengalahkan sejumlah kontestan yang berlatar belakang pendidikan kuliner dari luar negeri, seperti Nick Nierxen yang merupakan lulusan Le Cordon Bleu New Zealand, Rossa Verina Nugroho (Le Cordon Bleu Prancis), dan sejumlah peserta lainnya.

"Memang sempat agak minder. Tapi saya percaya bahwa semua peserta punya kekuatan masing-masing dan saya cukup percaya diri dengan kemampuan yang saya miliki," ucap Kiki dilansir dari laman Vokasi Kemdikbud, Selasa (28/11/2023).

Sebagai lulusan SMK, Kiki mengaku mendapatkan banyak ilmu yang sangat berperan penting dalam kariernya di bidang food and beverage selama ini.

Bahkan, termasuk saat dirinya harus berkompetisi di galeri MasterChef Indonesia.

"Terutama di pembentukan karakter selama di sekolah. Ini sangat berpengaruh sekali dan cukup menentukan dalam penjurian selain tentu saja kompetensi kita di bidang memasak ini," ungkap Kiki.

Suka dunia kuliner sejak bangku SMP

Pria kelahiran 2000 ini merupakan anak pertama dari 4 bersaudara dan satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga.

Suka di bidang kuliner, sebut dia, sudah mulai muncul sejak duduk di bangku SMP. Hingga akhirnya, dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke SMK dan memilih Jurusan Tata Boga.

"Ada Saudara yang kebetulan bekerja sebagai chef di Dubai dan setiap kali pulang kami selalu dibagi-bagi duit pakai dolar. Jadi, saya terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan di bidang kuliner," kata pria kelahiran Bandung ini.

Baca juga: Berapa Kisaran Gaji Lulusan SMA dan SMK Per Bulan? Simak Rinciannya

Sebelum masuk ke SMKN 8 Medan, Kiki yang sudah paham betul akan passionnya di bidang kuliner ini rupanya melakukan survei terlebih dahulu ke sejumlah SMK-SMK di Medan.

"Jadi, ada beberapa SMK yang memang memiliki Jurusan Tata Boga, jadi saya diajak untuk survei terlebih dahulu," ucap Kiki.

Pemilihan SMKN 8 Medan ini, lanjut Kiki, karena sekolah ini dinilai memiliki fasilitas yang lengkap untuk Jurusan Tata Boga yang menjadi incarannya.

Sekolah ini juga memiliki banyak kerja sama dengan industri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com