Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, SMA Taruna Nusantara Akan Dibangun di Kabupaten Malang

Kompas.com - 26/11/2023, 21:01 WIB
Imron Hakiki,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara akan dibangun di kawasan Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).

Proses pembangunan itu seiring terlaksananya peletakan batu pertama pembangunan SMA Taruna Nusantara di Kabupaten Malang yang dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Muhammad Herindra, pada Kamis (23/11/2023).

Herindra mengatakan, program pembangunan SMA Taruna Nusantara akan dilakukan di berbagai daerah, seperti Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat, Jawa Barat, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Syarat Masuk SMA Taruna Nusantara, Cek Biaya Sekolahnya

"Pada 8 November 2023, kami baru saja meresmikan pembangunan SMA Taruna Nusantara di Cimahi, Jawa Barat. Dan di Kabupaten Malang sudah terlaksana dengan pelaksanaan peletakan batu pertama," ungkapnya saat ditemui di Kabupaten Malang, Kamis (23/11/2023).

Rencananya, SMA itu nantinya akan terintegrasi dengan SMA Taruna Nusantara Magelang.

Maka dari itu, semua proses pendaftaran siswa di SMA Taruna Nusantara masih terpusat di Magaleng.

Hanya saja, proses pendidikannya diletakkan di SMA Taruna Nusantara yang berada di wilayah terdekat dengan wilayah asal siswa.

Misalnya siswa asal Jawa Timur, tidak perlu jauh-jauh ke Magelang, cukup di SMA Taruna Nusantara yang ada di Kabupaten Malang ini," ujarnya.

Cetak SDM unggul dengan memperbanyak SMA Taruna Nusantara

Dia mengaku, dengan memperbanyak program pembangunan SMA Taruna Nusantara, maka diharapkan mampu memberikan perhatian lebih untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk Indonesia.

"Kita semai bersama agar generasi dari daerah bisa berbuat lebih banyak untuk Indonesia Emas 2045," kata Herindra.

Baca juga: Lulus dari Undip, Marshanda Gapai IPK 3,66

"Dijamin, proses perekrutan siswa akan dilakukan dengan sangat profesional, kepada putra-putra terbaik daerah," tambah dia.

Program pembangunan SMA Taruna Nusantara di Kabupaten Malang didirikan di lahan milik TNI Angkatan Darat, dengan luasan mencapai 30 hektar.

Herindra menyebut pembangunan itu menggunakan anggaran sebesar 15 juta dollar AS atau setara lebih dari Rp 200 miliar.

"Anggaran itu nantinya akan digunakan untuk pembangunan asrama dan sekolahnya," jelas Herindra.

Bupati Malang, HM Sanusi bersyukur dengan adanya pembangunan SMA Taruna Nusantara di Kabupaten Malang.

Sanusi berharap, dengan adanya fasilitas pendidikan SMA Taruna Nusanatara, mak akan muncul generasi yang unggul dan berkualitas dari Kabupaten Malang.

Baca juga: Cek Uang Pangkal Masuk SMA Taruna Nusantara Jalur Kontribusi Khusus

"Disamping itu, kami juga berharap keberadaan SMA Taruna Nusantara ini bisa mengankat perekonomian warga sekitar," tutup Sanusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com