Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Lokasi Baru SMA Taruna Nusantara, Ada yang di Luar Pulau Jawa

Kompas.com - 26/11/2023, 09:19 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI siap membangun SMA Taruna Nusantara terintegrasi di enam wilayah.

Wilayah yang bakal dibangun ini tidak hanya berlokasi di Pulau Jawa. Namun juga di luar Pulau Jawa dengan total anggaran mencapai Rp 1,4 triliun.

SMA yang berlokasi di Pulau Jawa, tercatat ada dua wilayah. Yakni Cimahi Jawa Barat dan di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Berapa Biaya Sekolah SMA Taruna Nusantara Per Bulan? Ini Rinciannya

Sementara lokasi SMA Taruna Nusantara di luar Pulau Jawa tercatat ada empat sekolah. Yakni di Maros di Sulawesi Selatan, Tanah Datar di Sumatera Barat, Ibu Kota Nusantara (IKN), dan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dilansir dari laman resmi Kemenhan, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Letjen TNI (Purn.) M. Herindra mengatakan pengembangan SMA Taruna Nusantara di enam lokasi itu merupakan salah satu investasi Pemerintah RI terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Terutama dalam mempersiapkan mereka menuju Visi Indonesia Emas 2045. Untuk itu ada enam lokasi yang dipilih.

"Menhan Prabowo menaruh perhatian sangat tinggi terhadap pembangunan sumber daya manusia yang bagus. Ini agar kita memiliki bibit unggul untuk membangun bangsa guna menyongsong Indonesia Emas 2045," ujar Wamenhan.

Pembangunan SMA Taruna Nusantara Terintegrasi baru terlaksana di dua lokasi yaitu Cimahi yang groundbreaking-nya berlangsung pada 8 November 2023 dan di Malang pada Kamis (23/11/2023).

Baca juga: 5 Sekolah Kedinasan Akreditasi Unggul, Mulai dari AAU hingga STIN

Pembangunan SMA Taruna Nusantara menjadi bukti konkret dari kerja sama yang erat antara sektor pertahanan dan sektor pendidikan.

Sehingga diharapkan dapat mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia.

Keberadaan fasilitas pendidikan yang baru ini nanti dapat menjadi tempat yang memotivasi, menginspirasi, dan membentuk para siswa menjadi individu yang berkompeten, bertanggung jawab, dan berintegritas tinggi.

Wamenhan menjelaskan, istilah terintegrasi yang disematkan pada SMA Taruna Nusantara di enam lokasi itu merujuk pada rekrutmen siswa baru, yang prosesnya tetap terpusat dari SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

Sehingga perekrutan akan terpusat di bawah SMA Taruna Nusantara di Magelang. Sedangkan nanti tinggal SMA Taruna Nusantara ini mau ditempatkan di mana.

“Kementerian Pertahanan telah mendirikan Universitas Pertahanan dan SMA Taruna Nusantara untuk menyaring generasi muda yang berkualitas serta unggul. Harapannya agar alumni Unhan dan SMA Taruna Nusantara dapat bersaing di tingkat nasional dan global,” pungkas Wamenhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com