Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bisa Daftar Beasiswa LPDP 2024 Tanpa LoA? Simak Ketentuannya

Kompas.com - 09/11/2023, 07:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 untuk jenjang S2 dan S3 diperkirakan dibuka pada awal tahun.

Sesuai dengan timeline tahun sebelumnya, beasiswa S2 dan S3 dari LPDP, baik dalam dan luar negeri akan dibuka pada Januari dan Februari.

Sebelum dibuka, mahasiswa perlu tahu jika saat mendaftar beasiswa LPDP 2024 bisa tanpa Letter of Acceptance (LoA) Unconditional terlebih dahulu.

Perlu diketahui, LoA Unconditional adalah surat pernyataan bahwa telah diterima di sebuah perguruan tinggi secara penuh atau tanpa ada syarat lain yang harus dipenuhi. Artinya, kandidat hanya tinggal melakukan registrasi ulang saja.

Meski begitu, LPDP memperbolehkan mahasiswa untuk mendaftar meski belum memiliki LoA dengan persyaratan tertentu. 

Baca juga: 4 Bulan Lagi Beasiswa LPDP 2024 Dibuka? Cek Informasi Lengkapnya

Dilansir dari laman LPDP pada Rabu, (8/11/2023), LoA Unconditional tidak menjadi syarat mutlak selama peserta masih dalam proses pendaftaran ke perguruan tinggi tujuan.

Namun, jika sudah dinyatakan lulus seleksi substansi LPDP, maka LoA Unconditional bisa diserahkan maksimal 18 bulan sejak ditetapkan sebagai calon penerima beasiswa.

Bisa juga calon mahasiswa menyerahkan LoA Unconditional maksimal 18 bulan atau 1 tahun 6 bulan terhitung dari tanggal berakhirnya program pengayaan bahasa bagi program afirmasi, kecuali dalam kondisi tertentu yang mendapat persetujuan LPDP.

Punya LoA Unconditional, tak perlu tes bakat skolastik

Dalam tahapan seleksi LPDP, setelah pengumuman hasil seleksi administrasi maka pelamar akan mengikuti Seleksi Bakat Skolastik, Seleksi Substansi, dan yang terakhir menunggu pengumuman.

Bagi pendaftar yang sudah punya LoA Unconditional bisa langsung mengikuti Tes Substansi atau melewatkan Tes Bakat Skolastik.

Sedangkan pendaftar yang belum punya LoA, bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti Tes Bakat Skolastik.

Baca juga: Oline, Alumnus Kedokteran Unair Bagikan 3 Cara Lolos Beasiswa LPDP

Sementara, bila kamu mendaftar beasiswa reguler LPDP atau untuk perkuliahan dalam negeri, ada ketentuan terkait LoA Unconditional. Berikut rinciannya:

1. Pendaftar Beasiswa Reguler yang telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam ataupun Luar Negeri dengan LoA Unconditional tersebut dan masuk daftar Perguruan Tinggi LPDP.

2. Pendaftar Beasiswa Reguler yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 (tiga) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.

3. Pendaftar Beasiswa Reguler dapat memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan/atau program studi/subjek diluar daftar Perguruan Tinggi Tujuan LPDP, dengan ketentuan hanya dapat memilih satu Perguruan Tinggi tujuan, wajib mengunggah LoA Unconditional dan bukti pendukung yang menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi Tujuan memenuhi kriteria sebagai berikut:

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com