Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Sekolah di SMA Taruna Nusantara Jalur Beasiswa, Apakah Gratis?

Kompas.com - 27/11/2023, 17:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Informasi dan jadwal penerimaan siswa baru di SMA Taruna Nusantara 2024/2025 sangat dinanti siswa kelas 9 di seluruh Indonesia.

SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia yang berada di Magelang, Jawa Tengah.

Ada tiga jalur masuk yang bisa dipilih siswa kelas 9 saat mendaftar di SMA Taruna Nusantara. Bagi siswa kelas 9 yang punya banyak prestasi, bisa mendaftar di SMA Taruna Nusantara lewat jalur Beasiswa (BS).

Lantas apakah siswa yang mendaftar di SMA Taruna Nusantara lewar jalur Beasiswa apakah dipungut biaya seperti dua jalur lainnya?

Baca juga: Cek Uang Pangkal Masuk SMA Taruna Nusantara Jalur Kontribusi Khusus

Jalur beasiswa hanya bagi siswa berprestasi

Dilansir dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, Senin (27/11/2023), penerimaan siswa baru di SMA Taruna Nusantara lewat jalur Beasiswa ini hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi.

Berikut kriteria siswa yang bisa mendaftar jalur Beasiswa di SMA Taruna Nusantara:

a. Peraih Medali Olimpiade Sains tingkat Internasional (IJSO, IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI, IAO/IOAA, IGeo/IESO, IEO).

b. Peraih medali International Conference of Young Scientists (ICYS).

c. Peraih medali emas atau perak atau perunggu Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bidang Matematika atau Bidang IPA atau Bidang IPS SMP/SMA.

d. Peraih medali emas Lomba Karya Inovasi Pelajar (LKIP) SMA Taruna Nusantara, juara 1 sampai dengan juara 5 lomba Matematika Sains dan Bahasa Inggris (MSI) yang diselenggarakan oleh SMA Taruna Nusantara.

Baca juga: Intip Jadwal Rutin Keseharian Siswa SMA Taruna Nusantara

Dapat banyak keringanan biaya sekolah

Bagi calon siswa yang mendaftar di SMA Taruna Nusantara lewat Jalur Undangan Beasiswa akan mendapatkan beberapa keringanan biaya.

Pasalnya tidak dipungut biaya uang pangkal, uang komite sekolah, uang kontrobusi khusus hingga biaya operasional pendidikan yang dibayar setiap bulan selama pendidikan.

Berikut rincian biaya sekolah bagi siswa yang lolos di SMA Taruna Nusantara lewat jalur beasiswa:

Siswa akan dibebaskan dari seleksi administrasi dan seleksi akademik. Tetapi tetap melaksanakan Tes Kesehatan Umum dan Tes Wawancara serta Materi Seleksi lanjutan apabila diselenggarakan.

Calon siswa yang mendaftar jalur Beasiswa di SMA Taruna Nusantara juga berhak mengikuti pembinaan Tim Olimpiade / tim lomba SMA Taruna Nusantara sejak Casis hingga menjadi siswa SMA Taruna Nusantara.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com