Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi S3 PEP Pascasarjana UNJ dan HEPI Gelar Konferensi Internasional "3rd ICERE 2023"

Kompas.com - 27/11/2023, 16:52 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) menggelar "The 3rd International Conference on Educational Research and Evaluation (ICERE)".

Konferensi internasional program doktoral UNJ tahun ini mengangkat tema “Enhancing Students Achievement Through the Assessment of Learning Progression” dan digelar di UTC UNJ by Naraya Hotel pada 18–19 November 2023.

Kegiatan ICERE ke-3 menghadirkan pembicara utama yakni: Anindito Aditomo (Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan), Jarrod Hingston (Australian Council for Educational Research), dan Bahrul Hayat (Ketua Umum HEPI).

Selain itu, konferensi internasional UNJ ini juga menghadirkan pembicara: Prof. Madya Adibah binti Abdul Latif (University Technologi Malaysia), Prof. Wang Yonghui (Central China National University), Achmad Ridwan (Dosen Pascasarjana UNJ), Bambang Sumintono (Ketua Prodi S3 Pendidikan UIII), Suprananto (Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang), Ichsanuddin (Pengembangan Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP).

Kegiatan konferensi internasional ini diikuti 350 peserta dari unsur pengambil kebijakan, akademisi, praktisi pendidikan, peneliti, pendidik, mahasiswa serta stake holder pendidikan.

Prof. Awaluddin Tjalla selaku Ketua Panitia ICERE ke-3 yang juga Ketua HEPI UKD Jabodetabek dan Koordinator Program Studi S3 PEP Program Pascasarjana UNJ mengatakan, kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi guna menjawab tantangan Pendidikan 5.0 pascapandemi.

Prof. Awaluddin juga berharap, melalui kegiatan ini para cendekiawan, pendidik, praktisi pendidikan, peneliti, mahasiswa, dan pihak lain dapat melakukan diskusi dan  serta melakukan telaah kebijakan kurikulum merdeka belajar dan MBKM.

Prof. Awaluddin Tjalla menambahkan, pada kegiatan ini artikel peserta terpilih dalam ICERE III akan diterbitkan di Jurnal Pengukuran dan Psikologi Pendidikan Indonesia (JP3I) terindeks Scopus.

Baca juga: Akademisi Unair Tutup Konferensi Asia Pasifik QS Higher Ed Summit 2023

ICERE III juga diterbitkan dalam beberapa jurnal terindeks Sinta 2, di antaranya; Journal of Educational Research and Evaluation (JERE), Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (JPEP), serta Research and Evaluation in Education (REiD).

Output ICERE III UNJ

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com