Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Institut Pariwisata Trisakti Gelar Konferensi Internasional "TGDIC 2023" di Malaysia

Kompas.com - 18/10/2023, 17:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Institut Pariwisata (IP) Trisakti menggelar "Tourism, Gastronomy and Tourist Destination (TGDIC) 2023" di Kuala Lumpur Malaysia pada 16-17 Oktober 2023. TGDIC merupakan kegiatan rutin IP Trisakti yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Kegiatan yang sempat tertunda sebagai dampak pandemi global Covid-19 ini kembali digelar dengan mengangkat tema “Rethinking Sustainable Tourism and Gastronomy in Global Context”.

Tahun ini IP Trisakti menggandeng Concorde Hotel Kuala Lumpur, Malaysia, yang telah menjadi mitra kerja selama 30 tahun, baik untuk penempatan training maupun kerja sama lain.

Dalam kegiatan bertaraf internasional ini Institut Pariwisata Trisakti juga berkolaborasi dengan UCSI University Malaysia sebagai salah satu strategi internasionalisasi menuju perguruan tinggi berkelas dunia.

Dalam Kegiatan TGDIC ini, sambutan pertama disampaikan Ketua Pelaksana sekaligus selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Rahmat Ingkadijaya.

Rektor Institut Pariwisata Trisakti, Fetty Asmaniati menyampaikan, kegiatan TGDIC ini sudah empat kali dilaksanakan. "Untuk yang pertama dan Kedua dilaksanakan di Jakarta, sedangkan yang ketiga dilaksanakan secara daring yang dihadiri oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini," ungkap Fetty.

Dalam penyelenggaraan TGDIC 2023 keempat, IP Trisakti menghadirkan pembicara utama, antara lain; Hermono (The Indonesian Ambassador To Malaysia) yang diwakili Rossy Verona (Deputy Chief of Mission).

Untuk narasumber Tourism and Tourist Destination, TGDIC 2023 menghadirkan Mark Kasa (Senior Lecturer Faculty of Cognitive Sciences & Human Development Universiti Malaysia Sarawak) dan Adhi Trirachmadi Mu’min (Executive Professional/Senior Lecturer Trisakti Institute of Tourism).

Baca juga: MotoGP Indonesia 2023 Tingkatkan Sektor Pariwisata Daerah

 

Sedangkan untuk bidang Gastronomy, IP Trisakti menghadirkan pembicara Ioannis Evagelou (Senior Lecturer In Tourism & Postgraduate Programmes Leader IMI Switzerland), dan Kritta-orn Chewwasang (Chairperson of Hospitality Tourism and MICE Management Burapha University, Thailand).

Sambutan dilanjutkan Garry Lee (GM Concorde Hotel Kuala Lumpur), setelah itu Prof. Lin Chunyi (President GTU), dan terakhir disampaikan Prof. Xi Maolong (Vice President WUXI).

Tahun ini TGDIC diikuti 125 peserta dan 60 peserta mengikuti Call Paper (pemakalah publikasi ilmiah). 

Selain seminar, TGDIC 2023 juga menggelar "Table Top," forum bisnis yang mempertemukan antara pelaku industri pariwisata asal (seller) dengan pelaku industri pariwisata daerah tujuan (buyer) atau biasa disebut dengan kegiatan Business to Business (B2B). 

Table Top TGDIC 2023 diikuti oleh 19 sellers dan 38 buyers.

Baca juga: Pemerintah Kembangkan Peta Jalan Dekarbonisasi untuk Sektor Pariwisata

Kegiatan TGDIC 2023 juga mendapat dukungan Garuda Indonesia di mana Dian Ediono, Wakil Presiden Regional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk turut memberikan apresiasi positif kegiatan Table Top TGDIC 2023 yang dinilai sebagai bentuk optimisme di sektor pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com