Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kerja Bidang Pariwisata? Ini Jurusan di SMK dan Prospek Kariernya

Kompas.com - 07/10/2023, 10:44 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia yang dikenal dengan alamnya tentu menjadi daya tarik bagi wisatawan. Karena itu, kerja di bidang pariwisata bisa menjadi pilihan.

Apalagi industri pariwisata juga jadi salah satu penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Sektor pariwisata terus mengalami kebangkitan dan perkembangan dari waktu ke waktu.

Banyak wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara yang sengaja datang ke Indonesia untuk menikmati suguhan wisata.

Meski demikian, perkembangan pariwisata yang begitu pesat menuntut kita untuk menyediakan sumber daya manusia yang mumpuni dalam bidangnya.

Baca juga: Cek Prospek Kerja Lulusan SMK Jurusan Nautika dan Kapal Penangkap Ikan

Maka dari itu, hal ini yang menjadikan lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata (ULP) memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, ini prospek kerja lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata (ULP) menurut Eka Purwanto, Ketua Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata, SMKN 6 Yogyakarta.

Prospek kerja SMK Jurusan ULP

1. Tour Guide

Ketika kalian berwisata, mungkin pernah melihat wisatawan lain dijelaskan terkait objek-objek yang ada di tempat tersebut oleh pemandu wisata.

Pemandu wisata ini biasa juga disebut dengan tour guide. Peran mereka sangat penting untuk mengenalkan objek wisata ke pengunjung, terutama bagi pengunjung yang belum tahu-menahu tentang objek wisata tersebut, seperti turis.

"Seorang guide bertugas untuk menemani wisatawan selama perjalanan wisata, melindungi serta memberikan jaminan keselamatan wisatawan, dan memberikan penjelasan sebaik mungkin terkait suatu objek wisata," ujar Eka, dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi.

Baca juga: Hal yang Dipelajari hingga Prospek Kerja Jurusan Teknik Geospasial

2. Travel Consultant

Menjadi seorang travel consultant akan sering berhubungan dengan pembuatan rencana perjalanan yang disesuaikan dengan anggaran belanja konsumenmu.

Nantinya mereka juga berkewajiban untuk memberikan informasi lengkap mengenai harga paket perjalanan, kelebihan, hingga kekurangan dari masing-masing paket perjalanan.

Sebagai seorang travel consultant, mereka biasanya akan mengurusi mulai dari persiapan perjalanan, akomodasi yang digunakan, hingga tujuan destinasi wisata yang akan dikunjungi.

3. Travel Blogger

Bagi yang suka jalan-jalan, maka bisa menjadi travel blogger. Sebab, bisa jalan-jalan sekaligus menghasilkan uang.

Jika lulus dari Jurusan ULP maka bisa menjadi travel blogger. Kalian cukup menceritakan perjalanan kalian dalam sebuah blog saja.

Banyak hal yang bisa kalian catat seperti tip, perlengkapan yang perlu dibawa, dan suka duka selama perjalanan.

Baca juga: 30 Kampus Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com