Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPM Manajemen dan Unika Soegijapranata Gelar "Konferensi Nasional Riset Manajemen XII"

Kompas.com - 04/10/2023, 14:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan Universitas Katolik Soegijapranata menjadi penyelenggara Konferensi Nasional Riset Manajemen XII yang diselenggarakan pada 3–5 Oktober 2023 di Kampus Unika Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah.

Konferensi Nasional Riset Manajemen merupakan wadah bagi praktisi dan akademisi manajemen untuk bertemu dan mendiskusikan temuan dan pemikiran mereka dalam ilmu manajemen.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai wadah di mana para praktisi dan akademisi memperoleh informasi terbaru tentang pengembangan dan aplikasi konsep-konsep ilmu manajemen.

Tahun ini, Konferensi Nasional Riset Manajemen XII (KNRM XII) mengangkat tema "Optimalisasi Ekonomi Sirkular Sebagai Langkah Menuju Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan".

Ekonomi sirkular dipandang menjadi alternatif untuk ekonomi linier tradisional di mana pelaku ekonomi menjaga agar sumber daya dapat dipakai selama mungkin, menggali nilai maksimum dari penggunaan, kemudian memulihkan dan meregenerasi produk dan bahan pada setiap akhir umur layanan.

Di dalam ekonomi sistem sirkular, penggunaan sumber daya, sampah, emisi, dan energi terbuang diminimalisir dengan menutup siklus produksi-konsumsi dengan memperpanjang umur produk, inovasi desain, pemeliharaan, penggunaan kembali, remanufaktur, daur ulang ke produk semula (recycling), dan daur ulang menjadi produk lain (upcycling).

Dalam laporan yang diterbitkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas pada Januari 2021, disebut pendekatan ekonomi sirkular memberikan dampak berarti bagi ekonomi, lingkungan, dan sosial di tanah air.

Selain manfaat bagi lingkungan dan ekonomi, ekonomi sirkular juga mendorong inovasi dan kolaborasi. Hal ini mendorong dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat untuk bekerja sama dalam mengembangkan solusi yang melampaui batas-batas tradisional.

Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan Universitas Katolik Soegijapranata menggelar Konferensi Nasional Riset Manajemen XII (3?5/10/2023) di Kampus Unika Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah.DOK. PPM MANAJEMEN Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan Universitas Katolik Soegijapranata menggelar Konferensi Nasional Riset Manajemen XII (3?5/10/2023) di Kampus Unika Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah.

 

KNRM XII juga bekerja sama dengan mitra perguruan tinggi bereputasi yaitu Universitas Prasetia Mulya dan Universitas Widya Mandala Surabaya sebagai co-host  serta menghadirkan 19 jurnal nasional terakreditasi dan terindeks Sinta (Science and Technology Index) 4 hingga Sinta 2.

Konferensi nasional ini menghadirkan 82 presenter berasal dari 18 perguruan tinggi di Indonesia. Berdasar hasil penilaian tim pengkaji, terpilih 74 karya ilmiah dari 87 karya ilmiah yang diajukan.

Baca juga: Mengenal Ekonomi Sirkular, Sistem Produksi Berkelanjutan yang Ramah Lingkungan

Pembicara pada KNRM XII antara lain Arnita Rishanty (Peneliti Bank Indonesia Institute), Denok Marty Astuti (Ketua Komunitas Bank Sampah Kerja Nyata Solo Raya), Prof. Noer Azam Achsani (Editor in Chief Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor).

KNRM XII yang digelar hibrid dibuka secara resmi oleh Arcadius Conraad Mahendra K. Datu, (Ketua Sekolah Tinggi PPM Manajemen) dan Ferdinandus Hindiarto (Rektor Soegijapranata Catholic University).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com