Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jurusaan Kuliah bagi "Animal Lover" dan Kampus Pilihannya

Kompas.com - 25/11/2023, 17:06 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa jurusan kuliah yang cocok bagi animal lover atau pecinta hewan. Jurusan kuliah ini dikatakan sesuai bagi pecinta hewan karena saat menempuh pendidikan maupun saat berkarier masih berhubungan dengan dunia hewan.

Kali ini Kompas.com rangkumkan 4 jurusan kuliah yang cocok bagi pecinta hewan dan pilihan kampusnya.

Bagi kamu pecinta hewan yang tahun depan ingin kuliah, beberapa jurusan ini bisa dijadikan referensi saat mendaftar perguruan tinggi.

Baca juga: 7 Jurusan UPI Bandung yang Banyak Diminati, Referensi Daftar SNBP 2024

Jurusan kuliah bagi animal lover

1. Kedokteran Hewan

Salah satu jurusan kuliah yang pasti berhubungan dengan hewan adalah Kedokteran Hewan. Saat masih kuliah, mahasiswa Kedokteran Hewan sudah terbiasa menangani berbagai binatang sebagai bahan praktik.

Mahasiswa Jurusan Kedokteran Hewan ini tidak hanya menangani kesehatan hewan peliharaan saja. Tetapi juga hewan ternak hingga hewan liar.

Ada beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia yang punya akreditasi Unggul untuk Jurusan Kedokteran Hewan yakni Universitas Nusa Cendana, Universitas Syiah Kuala, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sedangkan PTN dengan Jurusan Kedokteran Hewan akreditasi A yakni Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Udayana (Unud).

2. Ilmu Kelautan

Bagi yang suka dengan kehidupan bawah laut, maka Jurusan Ilmu Kelautan ini pas untuk kamu.

Dilansir dari laman Undip, mahasiswa S1 Ilmu Kelautan akan mempelajari mengenai Geologi Kelautan, Botani Laut, Ekologi Laut Tropis, Mikrobiologi, Planktonologi, Invertebrata Laut, Meteorologi dan Klimatologi, Sedimentologi, Koralogi, Vertebrata Laut, Bioindustri Alga, hingga Penyelaman Ilmiah.

Lulusan dari jurusan Ilmu Kelautan bisa bekerja dan meniti karier sebagai peneliti, pendidik, dan pengajar, ahli konservasi, dan wirausaha.

Khususnya di bidang kelautan. Mereka bisa menduduki posisi di instansi pemerintah, TNI, swasta, LSM, dan pengusaha mandiri.

Jurusan Ilmu Kelautan yang punya akreditasi Unggul antara lain Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Sam Ratulangi, Universitas Trunojoyo, Universitas Udayana, Universitas Halu Oleo, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Muslim Indonesia.

Sedangkan Jurusan Ilmu Kelautan dengan akreditasi A ada di kampus Universitas Sriwijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Pattimura, Universitas Riau, Universitas Khairun.

Baca juga: Kapan LPDP 2024 Dibuka? Perhatikan Informasi Ini

3. Jurusaan Oseanografi

Masih berhubungan dengan dunia bawah laut, selain memilih Jurusan Ilmu Laut, Jurusan Oseanografi juga bisa dijadikan pilihan.

Jurusan Oseanografi merupakan ilmu yang mempelajari fenomena laut, yang kemudian dapat diaplikasikan ke banyak bidang, seperti rekayasa, lingkungan, bencana laut, perikanan, dan mitigasi bencana.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com