Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 7 Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Bagus

Kompas.com - 13/11/2023, 12:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 SMA/SMK/sederajat yang nanti ingin lanjut kuliah tentu harus tahu jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus.

Tapi, hal penting lainnya ialah harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Sebab, mengambil jurusan kuliah tidak bisa asal-asalan.

Hanya saja, peluang karier masa depan juga harus dipertimbangkan. Sebab jurusan kuliah juga berpengaruh terhadap pekerjaan setelah lulus.

Bagi kamu yang mau mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan, sebaiknya sudah planning sejak awal masuk perguruan tinggi dengan memilih jurusan yang tepat.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Prospek Kerja Luas, Ada Pilihanmu?

Dilansir dari laman Universitas Dharma Andalas Padang, berikut ini informasi mengenai jurusan kuliah dengan peluang kerja yang baik di masa depan.

Jurusan kuliah yang prospek kerjanya bagus

1. Sistem Informasi

Jurusan yang pertama ialah jurusan sistem informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang keahlian dalam bidang teknologi informasi.

Mahasiswa juga akan belajar pemrograman sampai pembuatan aplikasi. Maka tak heran peluang kerja jurusan sistem informasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Apalagi zaman semakin maju, maka kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang teknologi juga semakin banyak.

Prospek kerja:

  • business analyst
  • technopreneur
  • teknisi IT
  • data analyst
  • programmer
  • web developer

2. Jurusan Farmasi

Jurusan ini hingga sekarang tetap banyak peminatnya, karena memang prospek kerja dalam dunia kesehatan juga semakin besar.

Nantinya, mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk meracik obat-obatan, termasuk kosmetik. Kamu juga diajarkan cara menganalisis obat-obatan sesuai standar kelayakan kesehatan.

Baca juga: 6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

Prospek kerja:

  • bekerja di rumah sakit
  • di klinik
  • membuka bisnis kosmetik, dan lain sebagainya

3. Jurusan Akuntansi

Anak IPS pasti bisa membayangkan seperti apa akuntansi itu. Jurusan ini mengajarkan mahasiswa untuk teliti dan terampil menghitung dan mengatur keuangan. Sebenarnya anak IPA juga bisa masuk dalam jurusan ini.

Mahasiswa diajarkan tentang pencatatan serta pelaporan keuangan yang penting pada perusahaan. Jadi, kemampuan berhitung harus baik dan terampil karena jika salah perhitungan akan membuat perusahaan rugi.

Prospek kerja:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com