Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sukses Berkarier meski Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

Kompas.com - 13/11/2023, 11:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beberapa lulusan sarjana yang menempuh karier tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Bahkan faktanya, sebanyak 80 persen orang Indonesia yang bergelar sarjana, tidak bekerja sesuai dengan jurusan kuliahnya.

Meski pekerjaan yang dijalani berbeda dengan jurusan kuliah, kamu tetap bisa menggapai kesuksesan dalam berkarier.

Dilansir dari laman Universitas Kristen Maranatha, Senin (13/11/2023) memaparkan tips sukses berkarier meski tidak sama dengan jurusan kuliah.

Baca juga: 20 Universitas Swasta Terbaik di Medan, Referensi Kuliah 2024

Tips sukses berkarier meski tidak sesuai jurusan kuliah

Bagi kamu yang bekerja tapi tidak sesuai dengan jurusan kuliahmu dulu, simak informasinya sampai selesai.

1. Menikmati pekerjaan

Ada banyak contoh orang bekerja namun tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya. Seperti alumnus Teknik Industri Universitas Kristen Maranatha. Setelah lulus, dia justru sukses menjalankan bisnis kuliner dengan membuat kue.

Dia menikmati pekerjaannya dan membuat kue sebenarnya sudah menjadi hobinya sejak lama. Meski tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya, ia membuktikan bahwa kariernya saat ini berhasil mencapai kesuksesan dan menguntungkan.

2. Tetap bersinar

Tips kedua tetap sukses berkarier meski berbeda dengan jurusan kuliah adalah dengan tetap melakukan pekerjaan yang terbaik.

Kamu jangan pernah takut untuk menunjukkan keterampilan yang dimiliki. Kita harus membuktikan bahwa kita mampu untuk menyelesaikan pekerjaan apapun.

Contohnya, Bill Gates sama sekali tidak mengambil jurusan komputer ketika kuliah. Latar belakang pendidikan pendiri Microsoft ini justru di bidang hukum.

Pada tahun keduanya berkuliah di Harvard University, Amerika Serikat, Bill Gates bahkan memutuskan untuk keluar dari kampus bergengsi tersebut.

Setelah tidak berkuliah, pada 1975 ia memutuskan untuk fokus mendirikan Microsoft.

Berkaca pada pengalaman hidup Bill Gates, kamu jangan ragu untuk bersinar, meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan pekerjaan yang dijalani.

Buktikan bahwa kamu masih bisa bersaing dengan orang-orang yang justru punya latar belakang pendidikan sama dengan pekerjaannya.

Baca juga: Ini Top 10 Negara Tujuan Beasiswa LPDP dan Uang Sakunya

3. Belajar dari pekerjaan

Tips sukses dalam berkarier meski jurusan kuliahnya berbeda adalah terus belajar. Manusia perlu melewati proses belajar untuk dapat berkembang menjadi lebih baik.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com