Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Kompas.com - 08/11/2023, 07:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi perlu diketahui calon mahasiswa yang tahun 2024 akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Makin majunya perkembangan zaman, sumber daya manusia (SDM) yang punya kemampuan di bidang teknologi dan telekomunikasi juga makin dibutuhkan.

Memilih jurusan kuliah yang punya prospek kerja cerah dan menjanjikan gaji tinggi perlu jadi bahan pertimbangan calon mahasiswa dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi.

Dilansir dari laman Telkom University, Selasa (7/11/2023) berikut jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi, bisa jadi referensi calon mahasiswa dalam menentukan pilihan jurusan.

Baca juga: Universitas Terbuka Akan Buka 8 Prodi Baru S1 dan S2, Ada DKV

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi

1. Teknik Komputer

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi yang pertama adalah Jurusan Teknik Komputer. Di masa yang akan datang, teknologi terus berkembang dan dunia IT pun tidak akan pernah mati.

Ada berbagai sektor industri di berbagai belahan dunia yang membutuhkan teknisi andal di bidang komputer.

Karena kebutuhan yang terus meningkat, lulusan Jurusan Teknik Komputer menjadi salah satu jurusan yang paling besar gajinya.

Untuk fresh graduate, kamu bisa mendapatkan rentang gaji antara Rp 3 juta sampai Rp 8 jutaan per bulan. Bahkan makin tinggi posisi atau jabatan dan makin panjang pengalaman kerja, potensi kenaikan gaji juga akan makin besar.

2. Teknik Telekomunikasi

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi berikutnya adalah Teknik Telekomunikasi. Kisaran penghasilan untuk profesi Ahli Teknik Telekomunikasi bisa berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 18 juta per bulan.

Baca juga: Beasiswa S3 Penyelesaian Studi Ditutup 12 November, Ada Bantuan Rp 50 Juta

3. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro juga termasuk jurusan kuliah gaji tinggi. Lulusan Jurusan Teknik Elektro, bisa bekerja di perusahaan swasta, BUMN hingga di bidang pertambangan dan telekomunikasi. Gaji yang bisa kamu dapatkan berkisar antara Rp 5 juta sampai puluhan juta rupiah.

4. Teknik Industri

Setelah lulus dari Jurusan Teknik Industri, kamu akan menjadi seorang insinyur industri yang melakukan berbagai pekerjaan di bidang industri, mulai dari riset, merancang, mengatur proses operasi hingga pemasangan dan pemeliharaan peralatan industri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com