Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Menghitung dan Menggunakan Rumus

Kompas.com - 30/10/2023, 17:15 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua jurusan kuliah bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains dan Teknologi (Saintek) selalu memiliki mata kuliah yang banyak menghitung

Ada beberapa jurusan kuliah IPA yang justru tidak banyak menghitung rumus. Bahkan, beberapa mata kuliahnya mengandung ilmu dari rumpun Sosial Humaniora (Soshum).

Jurusan yang tidak banyak menghitung matematika ini cocok bagi siswa SMA jurusan IPA yang sudah lelah dengan segala rumus matematika atau fisika. 

Baca juga: 10 PTS dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia, UPH Nomor 1

Bahkan kamu bisa menjadikan jurusan di bawah ini sebagai referensi memilih jurusan saat seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2024 atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) nanti.

Dilansir dari laman Ayoguruberbagi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berikut 5 jurusan kuliah IPA yang minim hitungan.

5 jurusan kuliah IPA yang tidak banyak menghitung rumus

1. Jurusan Agribisnis

Jurusan Agribisnis termasuk jurusan bidang Saintek yang mempelajari tentang pengelolaan pertanian dan aspek bisnis yang bisa dihasilkan dari produk pertanian.

Mata kuliah yang akan dipelajari mahasiswa adalah pengembangan masyarakat, pemasaran agribisnis, ekonomi pertanian hingga ekonomi makro. Seluruh matkul ini minim hitungan.

Selain itu prospek kerja jurusan ini juga sangat luas. Contohnya menjadi entrepreneur yang mengelola penjualan buah, sayur, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Lali dibutuhkan di berbagai perusahaan pemerintah, instansi pendidikan, lembaga penelitian, maupun sektor swasta lainnya.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah IPS Jarang Diminati, tapi Berprospek Cerah

2. Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan penyuluhan dan komunikasi pertanian biasanya masuk ke dalam Fakultas Pertanian (FP). Fakultas ini masuk dalam bidang saintek.

Namun mata kuliah jurusan ini juga memiliki kemiripan dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Bedanya, lingkupnya lebih spesifik yaitu hanya pertanian.

Mata kuliah yang didapat mahasiswa adalah ekonomi pertanian, organisasi dan kepemimpinan, komunikasi bisnis, dan lainnya sebagainya.

Peluang kerja dari jurusan ini pun cukup menjanjikan. Nantinya kamu bisa menjadi konsultan, jurnalis, penyuluh, wirausaha bahkan peneliti.

Baca juga: 10 Jurusan IPS Terketat di UTBK SNBT 2023, Komunikasi Nomor 1

3. Jurusan Teknik Industri

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com