Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jurusan Kuliah IPS Jarang Diminati, tapi Berprospek Cerah

Kompas.com - 29/10/2023, 13:12 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan kuliah Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS bisa dipilih siswa SMA yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Ada beberapa jurusan kuliah IPS populer yang banyak dipilih calon mahasiswa, seperti Jurusan Manajemen dan Bisnis, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Pendidikan, Psikologi dan beberapa jurusan IPS populer lainnya.

Tetapi, ada juga jurusan IPS yang jarang diminati tapi dinilai menjanjikan karena prospek kerja setelah lulus terbuka lebar.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Lulus Jadi CPNS

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan

Bagi siswa IPS, jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan ini bisa dijadikan pilihan saat mendaftar perguruan tinggi tahun depan.

Dilansir dari laman Kementerian Perindustrian kemenperin.go.id, Minggu (29/10/2023), berikut 6 jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi memiliki peluang karier yang bagus.

1. Jurusan Arkeologi

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan yang pertama adalah Jurusan Arkeologi. 

Jurusan ini nantinya akan mempelajari mengenai kebudayaan manusia di masa lalu dan juga saat ini. Mahasiswa Jurusan Arkeologi akan menganalisis benda peninggalan prasejarah dan purbakala.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2023, Ada Uang Saku Rp 15 Juta dan Gratis Kuliah

Adapun untuk prospek kerja dari Jurusan Arkeologi ini bisa bekerja menjadi seorang peneliti, menjadi seorang akademisi hingga menjadi staf museum.

Bahkan tidak sedikit pula lulusan dari Arkeologi ini akan bergabung untuk mengikuti penelitian tingkat internasional.

Baca juga: Lulus Berpangkat Letnan Dua, Ini Syarat Daftar Akmil bagi Lulusan SMA

2. Jurusan Administrasi Fiskal

Jurusan kuliah IPS berikutnya adalah Jurusan Administrasi Fiskal. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari mengenai dasar perpajakan, dasar kebijakan fiskal, serta tata kelola aset negara.

Setelah lulus nantinya lulusan Jurusan Administrasi Fiskal ini bisa menjadi seorang peneliti, akademisi, tugas imigrasi, konsultan perencanaan pajak, nggak bisa menjadi petugas bea cukai.

3. Jurusan Kriminologi

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan berikutnya adalah Jurusan Kriminologi. Jurusan ini termasuk langka karena hanya terdapat di beberapa perguruan tinggi saja. Seperti Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau dan Universitas Budi luhur.

Mahasiswa Jurusan Kriminologi ini akan mempelajari teori serta praktik yang berhubungan dengan kriminalitas dalam lingkup nasional bahkan internasional.

Lulusan Jurusan Kriminologi bisa berkarier menjadi seorang intelijen, detektif, bahkan menjadi investigator. 

Baca juga: Beasiswa S2 ke Austria: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 100 Juta Per Tahun

4. Jurusan Sejarah

Jurusan Sejarah termasuk jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan. Jurusan ini nantinya tidak hanya mempelajari masa lalu saja akan tetapi jurusan sejarah juga mempelajari mengenai aspek politik, ekonomi,budaya, militer, biografi, serta maritim.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com