Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Hari Guru Nasional di Unpad: Guru Wujudkan Merdeka Belajar

Kompas.com - 25/11/2023, 14:01 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Guru Nasional (HGN) 2023 diperingati berbagai pihak. Universitas Padjadjaran (Unpad) turut mengadakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Nasional di halaman Gedung Rektorat Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Sabtu (25/11/2023).

Pembina Upacara Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti membacakan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim.

Rektor Unpad membacakan bahwa Mendikbud Ristek optimistis terhadap para guru di Indonesia.

Baca juga: Beda Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Tiap 25 November

Guru terus bergerak wujudkan Merdeka Belajar

Menurutnya, para pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan kebijakan Merdeka Belajar. Keyakinan tersebut tumbuh dari berbagai hal yang telah dicapai dalam empat tahun terakhir.

"Saya yakin bahwa Ibu dan Bapak guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar," kata Rektor Unpad saat membacakan pidato Mendikbud Ristek seperti dikutip dari laman Unpad.

Capaian tersebut di antaranya tampak di tahun pertama implementasi Merdeka Belajar.

Kemendikbud Ristek telah mengambil beberapa langkah, seperti menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan penuh kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.

Penerapan asesmen nasional dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan.

Baca juga: Ini Sejarah dan Makna Hari Guru Nasional

Selain itu, Kemendikbud Ristek juga meluncurkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan untuk mencapai tujuan dilakukannya asesmen nasional.

"Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan," teranh Rektor.

Pada upacara tersebut, bertindak sebagai Pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Dekan Fakultas ilmu Budaya Prof. Aquarini Priyatna, dan pembaca doa oleh Dekan Fakultas MIPA Prof. Iman Rahayu.

Baca juga: Profil 10 Guru Indonesia yang Jadi Pahlawan Nasional

Upacara Hari Guru Nasional di Unpad ini diikuti oleh para pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com