Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Guru Nasional 2023, Mendikbud: Ada Beberapa Pencapaian Selama 4 Tahun Terakhir

Kompas.com - 24/11/2023, 19:12 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia setiap tanggal 25 November memperingati Hari Guru Nasional. Hal itu merupakan penghormatan kepada para guru yang sudah dari lama mencerdaskan anak-anak Indonesia.

Di momen Hari Guru Nasional 2023, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim mengaku ada beberapa pencapaian yang sudah digapai Kemendikbud Ristek selama empat tahun terakhir, khususnya terkait program Merdeka Belajar yang telah digagasnya sejak menjabat orang pertama di Kemendikbud.

Baca juga: Di 2023, Nadiem: Tahun Terakhir Rayakan Hari Guru Nasional

Pada tahun pertama Merdeka Belajar, Kemendikbud menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya.

"Kita menerapkan Asesmen Nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan," ucap dia dikutip dalam naskah pidatonya pada peringatan Hari Guru Nasional 2023, Jumat (24/11/2023).

Dari lingkungan belajar yang aman, kata dia, menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Lalu di tahun berikutnya, Kemendikbud meluncurkan Kurikulum Merdeka. Jika Asesmen Nasional mengukur tujuan perubahan, Kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

"Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar," jelas Nadiem.

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Orangtua Jangan Asal Kasih Gadget untuk Anak

Dia menyatakan, jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Kemudian, terobosan besar berikutnya yang dihasilkan Kemendikbud adalah meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak.

Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Baca juga: Hari Guru Nasional, Pakar Unair: Masih Banyak Guru yang Tak Sejahtera

Adapun terobosan terakhir yang dilakukan Kemendikbud, yakni membahagiakan guru dengan mencapai target satu juta guru ASN PPPK. Hal itu dilakukan guna memenuhi kebutuhan guru dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com