Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Karya, Himpunan Mahasiswa Animasi Polimedia Gelar "Parade Otak Kanan VII"

Kompas.com - 24/11/2023, 17:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Himpunan Mahasiswa (Hima) Animasi Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menggelar "Parade Otak Kanan (POK) VII" pada 24-25 November 2023 di Kampus Polimedia, Jakarta.

Tahun ini POK Polimedia mengangkat tema "Galaxy Explore the Boundless" dan menghadirkan 100 karya animasi termasuk lewat Augmented Reality (AR) dan ruangan space shuttle lengkap dengan display galaksi.

Selain itu ada juga kegiatan juga menghadirkab coswalk bagi para cosplayer, talkshow dan workshop terkait animasi, panggung musik dan lainnya.

Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika melalui rilis resmi (24/11/2023) menjelaskan, Parade Otak Kanan merupakan kegiatan rutin yang digelar Hima Animasi Polimedia setiap tahun.

“Tujuannya adalah memberitahukan kepada masyarakat luas bahwa Polimedia memiliki program studi animasi yang keren banget, sehingga masyarakat terutama anak-anak SMA dan SMK yang tertarik belajar animasi, mau melanjutkan studi di Polimedia,” jelas Oca, sapaan Tipri Rose Kartika.

Oca menilai Ide kreatif dan karya animasi mahasiswa yang bagus menjadi alat komunikasi paling efektif menunjukkan mutu dan kualitas program studi animasi Polimedia. Oca juga mengungkapkan, lulusan prodi animasi Polimedia banyak yang mendapatkan pekerjaan sebelum prosesi wisuda.

“Jadi begitu lulus, langsung terserap dunia kerja. Kan salah satu indikator keberhasilan perguruan tinggi bisa dilihat dari serapan lulusan di dunia kerja,” tegasnya.

Meski demikian, Oca mengakui pihaknya masih terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran animasi. Salah satunya dengan meng-upgrade laboratorium animasi dengan komputer berbasis animasi kekinian.

“Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan 30 sampai 32 unit komputer animasi dengan teknologi paling terkini. Proses pengadaan barang yang nilainya sekitar dua miliar rupiah tersebut sudah selesai dan awal 2024 sudah siap digunakan oleh mahasiswa untuk mendukung pembelajaran animasi,” jelasnya.

Baca juga: Film Animasi UMN Tembus Nominasi FFI 2023

Oca berharap, kehadiran komputer animasi dengan teknologi terkini dapat mendukung persiapan Polimedia untuk mengikuti event kelas dunia seperti yang diinginkan Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek.

“Kita sudah prepare dari sekarang untuk mengikuti world challenge, karena sebenarnya prodi animasi kita bagus sudah sering menang di ajang internasional,” lanjutnya.

Wadah publikasi karya mahasiswa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com