Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Animasi "Rana Uko" dan Dokumenter "Muara Jambi Bertutur" Ajak Anak Muda Hargai Cagar Budaya

Kompas.com - 10/10/2023, 17:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (Dit. PMM) memproduksi seri animasi "Rana Uko" dan seri dokumenter "Muara Jambi Bertutur" yang didistribusikan Balai Media Kebudayaan (BMK) melalui kanal Indonesiana.TV.

Kedua film ini terinspirasi dari bangunan cagar dan warga di sekitar Muara Jambi serta mengemban pesan Cagar Budaya Muara Jambi sebagai sumber pengetahuan sekaligus inspirasi yang takkan habis untuk dieksplorasi.

Pemutaran episode awal "Rana Uko" telah dilaksanakan di Kota Jambi pada 30 Agustus 2023 lalu. Pemutaran yang disutradarai Daryl Wilson dan diproduseri Nadya Choudori dari Temotion ini dihadiri siswa sekolah menengah kejuruan dan komunitas film.

"Indonesiana.TV saat ini tengah melakukan pengenalan budaya sebagai bahan eksplorasi dan sumber inspirasi kepada generasi muda," ujar Kepala BMK Retno Raswaty melalui rilis resmi (4/10/2023).

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Provinsi Jambi dan Bangka Belitung, Agus Widiatmoko mengungkapkan sangat mendukung kegiatan ini karena seri animasi tersebut mengangkat Muaro Jambi sebagai sumber inspirasi.

“Terima kasih sudah mengangkat Muaro Jambi sebagai sumber inspirasi dan memperkenalkannya ke khalayak yang lebih luas. Kami juga bangga karena dipercaya sebagai salah satu tuan rumah sosialisasi Kelana Indonesiana.TV,” ungkap Agus.

Pemeran utama Sactya di "Rana Uko" yaitu Al Fatihah Putri Cahya mengaku bangga bisa terlibat dalam karya ini. Siswi kelas VI SDN 51 Kota Jambi itu tak sendirian. Ayahnya, Ahmad Bustomi, juga ikut terlibat sebagai pengsi suara tokoh Datuk Banau.

“Awalnya kami mau ikut karena yakin bahwa film animasi ini akan disukai oleh banyak orang. Kami ingin memperkenalkan budaya Jambi kepada masyarakat luas,” ujar Ahmad Bustomi yang juga Pendiri Teater Anak Ananda Sejati.

Baca juga: Ketua DPRD Nganjuk Dorong Situs Candi Lor Segera Ditetapkan Jadi Cagar Budaya

M. Hafis, siswa kelas XII jurusan animasi SMKN 2 Kota Jambi mengaku sangat terkesan dengan film animasi Rana Uko. Menurutnya, alur film ini sangat menarik dan memiliki visual yang bagus.

“Kami ingin bisa ikut membuat karya kolaborasi dengan Indonesiana.TV,” katanya.

Film Dokumenter "Muara Jambi Bertutur"

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com