Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bangunan UGM Masuk Daftar Cagar Budaya, Apa Saja?

Kompas.com - 26/07/2022, 21:44 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - 7 bangunan milik Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam daftar 25 cagar budaya Kabupaten Sleman.

Hal ini, berdasarkan penetapan status cagar budaya 2021 oleh Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Sleman.

Penilaian mendasarkan pada kriteria cagar budaya, nilai penting dan khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama atau kebudayaan di Kabupaten Sleman khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Serta memiliki nilai budaya penting bagi penguatan kepribadian bangsa Indonesia.

Penyerahan Surat Keputusan Penetapan Cagar Budaya Peringkat Kabupaten Tahun 2021 dan Sosialisasi Cagar Budaya Tahun 2022 Kabupaten Sleman berlangsung di Balairung UGM, Selasa (26/7/2022).

Penyerahan disampaikan langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, kepada masing-masing penerima, dan untuk UGM diterima oleh Direktur Aset, Djoko Sulistyo.

Baca juga: 7 Museum Batak di Indonesia, Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?

Dari 25 penerima SK Cagar Budaya Tingkat Kabupaten Sleman, UGM juga dinyatakan sebagai lembaga penerima paling banyak.

Tercatat ada 7 bangunan di UGM menerima SK Cagar Budaya diantaranya Gedung Pusat UGM, Museum UGM Kompleks Bulaksumur dan lima bangunan lainnya di Komplek Panca Dharma yang berada di Sekip.

Gedung pusat UGM sendiri diresmikan pada 19 Desember 1959 oleh Presiden Ir. Soekarno.

Gedung tiga lantai di kompleks Bulaksumur ini menandai berdirinya perguruan tinggi pertama yang berhasil dibangun Pemerintah RI pascakemerdekaan.

Bupati Kustini, Sri Purnomo, berharap dengan pemberian SK Cagar Budaya ini tentunya memberikan kepastian status hukum bagi bangunan cagar budaya, kesenian maupun kearifan-kearifan lokal untuk budaya di Kabupaten Sleman.

Cagar budaya merupakan bukti kekayaan yang dimiliki bangsa, dan sudah seharusnya kita melestarikan secara bersama," katanya, dilansir dari laman UGM.

Baca juga: Siswa, Kenali 5 Kerajaan di Indonesia yang Masih Berdiri Kokoh

Cagar budaya, adalah wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang sudah terlaksana sejak dulu dan menjadi sejarah.

Karenanya apabila kita melestarikan budaya dan sejarah, hal tersebut sebagai wujud upaya penghargaan untuk para leluhur bangsa, khususnya para leluhur yang menelurkan budaya dan sejarah di Kabupaten Sleman.

“Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama melestarikan dan melindungi agar cagar budaya tidak hilang dan rusak dimakan usia," ajaknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com