Kompas.com - 26/07/2022, 20:06 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda selama 2 tahun terakhir berdampak pada kebiasaan dan kesehatan, salah satunya kesehatan mata.

Terlebih lagi, paparan gawai atau gadget secara berlebih pada anak selama pandemi juga menambah kasus kesehatan mata.

Dampak yang dirasakan anak-anak maupun orang dewasa adalah mata lelah. Hingga kini, kebiasaan menggunakan gawai pun cukup tinggi meski sekolah, kantor, sudah memperbolehkan tatap muka.

Demi mengurangi dan mengedukasi sakit mata, tiga dokter dari Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya (UB) membuat komik bertema kesehatan mata, bertajuk Bunga dan Langit.

Baca juga: 4 Alasan Surya Paloh Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari UB

Para penulisnya, adalah Dhelya Widasmara, Nanda Wahyu Anandita, dan Lely Retno Wulandari.

Komik yang mereka buat berjudul Bunga dan Langit si Dokter Cilik Vol.2 : Yuk Jaga Kesehatan Mata Kita dari Gadget.

Mengambil tema kesehatan mata, tiga dosen ini berupaya mengenalkan penyakit akibat menggunakan gawai berlebihan. Misalnya, penyakit Computer Vision Syndrome (CVS).

“Setiap tahun, dalam rangka Hari Anak Nasional, saya mengeluarkan satu komik sesuai dengan tema. Di tahun ini, menyesuaikan subtema Hari Anak, yaitu Anak Tangguh Pasca Pandemi, saya memilih tema kesehatan mata," terang Dhelya Widiasmara, dilansir dari rilis UB. 

Baca juga: Mau Bikin Komik? Ini 9 Langkah Mudah yang Harus Diketahui

Ia mengatakan dua tahun belakangan, banyak masyarakat lebih sering menatap gadget.

"Pasca pandemi ini, yang perlu diupayakan adalah bagaimana kembali lagi berkegiatan outdoor, kembali bermain layangan, misalnya. Orang tua juga perlu mencontohkan kepada anak, tentang bijak menggunakan gadget,” terangnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.