Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIS UNJ dan Universitas Leipzig Jerman Gelar "Talking Perspective" Perkuat Internasionalisasi

Kompas.com - 13/11/2023, 12:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) kembali menjalin kerja sama dengan Universitas Leipzig, Jerman dan Universitas Brawijaya dalam kegiatan “Taking Perspectives: “Higher Education Dialogue with the Muslim World”.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 2010 lalu ini sebelumnya beberapa kali mengalami pergantian nama seperti Join Summer Program, Law and Culture dan sekarang Taking Perspective.

Kegiatan didanai Lembaga Pertukaran Akademis Jerman atau Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD).

Taking Perspective merupakan program keberlanjutan dari Exploring Legal Cultures pada 2014 yang diikuti dengan Law and Culture pada 2017 dari hasil kerjasama tiga kampus, yaitu Universitas Negeri Jakarta, Universitas Brawijaya, dan Leipzig University.

Program ini bertujuan menjawab tantangan tatanan sosial modern dan keberagaman melalui cara pandang keilmuan sosial serta hukum di Indonesia dan Jerman dan berlangsung dalam beberapa rangkaian kegiatan dan diadakan di kota masing-masing universitas.

Tahun 2023 ini, FIS UNJ mengirimkan tiga dosen yakni: Heryanti Utami (Prodi Usaha Jasa Pariwisata FIS UNJ), Rihlah Nur Aulia (Prodi Pendidikan Agama Islam FIS UNJ), dan Nada Arina Romli (Prodi Ilmu Komunikasi FIS UNJ).

Selain itu kegiatan melibatkan mahasiswa FIS UNJ terdiri dari Lyzia Nabilla (Prodi Geografi), Tamaya Cethsa Gloria Untailawan (Prodi Usaha Jasa Pariwisata), Amelia Azani Noor Daulay (Prodi Sosiologi), dan Raghyl Syifa Sayidina (Prodi Ilmu Komunikasi).

Dosen Prodi Usaha Jasa Pariwisata FIS UNJ yang juga koordinator kegiatan, Heryanti Utami mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari pertukaran ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan pengalaman antara sivitas akademika FIS UNJ dengan sivitas akademika Universitas Leipzig, Jerman dan Universitas Brawijaya.

"Kegiatan ini juga membuka jaringan yang lebih luas lagi yang bisa mendukung program–program internasional yang lain," harap Heryanti Utami.

Dekan FIS UNJ, Firdaus Wajdi mengatakan, pimpinan FIS UNJ sangat mendukung kegiatan akademik internasional ini.

Baca juga: Ikut Magang Kampus Merdeka di DPR, Mahasiswa Melek Politik

 

"Program kerja sama antara FIS UNJ dengan Universitas Leipzig, Jerman dan Universitas Brawijaya ini harus terus berlanjut setiap tahunnya, karena ini merupakan salah satu bentuk program internasional unggulan yang ada di FIS UNJ," ungkap Firdaus Wajdi.

Rangkaian kegiatan “Taking Perspectives"

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com