Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2023, 15:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menambah satu guru besar baru. Kali ini, guru besarnya didatangkan dari bidang Ilmu Hukum.

Guru besar yang baru dikukuhkan adalah Prof. Ridwan. Dia secara simbolis memperoleh Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 61558/M/07/2023 tentang pengangkatan jabatan guru besar.

Baca juga: USU Telah Punya 150 Guru Besar Aktif

Rektor UII, Prof. Fathul Wahid menyampaikan apresiasi atas capaian yang diraih Prof. Ridwan.

Torehan ini menyusul capaian sebelumnya, yakni Prof. Zaenal Arifin dan Prof. Ilya Fadjar Maharika yang juga menerima mandat jadi guru besar tepat satu bulan lalu.

Untuk segala nikmat dan karunia ini, dia mewakili segenap keluarga besar UII untuk senantiasa selalu bersyukur. Sebab, bertambahnya jumlah profesor di UII membawa dampak positif bagi kampus ini.

"Beberapa program percepatan yang didesain dengan mempertimbangkan etika tinggi, alhamdulillah membuahkan hasil. Capaian jabatan profesor bukan hanya merupakan prestasi personal, tetapi juga meningkatkan profil institusi," kata dia dilansir dari laman UII, Selasa (7/11/2023).

Hingga saat ini, kata dia, UII mempunyai 38 guru besar aktif yang lahir dari rahim sendiri.

Hal ini menjadikan proporsi dosen dengan jabatan akademik guru besar mencapai 4,7 persen (38 dari 800 orang).

Dari 38 guru besar itu, proporsi terbesar sebanyak 11 orang dosen (atau 28,9 persen) berada di Fakultas Hukum UII.

"UII berharap terus menambah kuantitas profesor, mengingat saat ini sebanyak 263 dosen berpendidikan doktoral. Kemudian, sebanyak 69 berjabatan lektor kepala dan 118 lektor. Sehingga ereka yang telah sampai pada tingkat ini tinggal selangkah lagi mencapai jabatan akademik profesor," jelas dia.

Baca juga: Cerita Adil, Pergi dan Pulang Sekolah Harus Jalan Sepanjang 800 Meter

Plt. Kepala LLDikti Wilayah 5 Yogyakarta, Prof. Aris Junaidi menyampaikan selamat atas capaian yang diraih.

Dengan data yang dipaparkannya, UII tercatat telah banyak menyumbangkan guru besar dalam berbagai bidang keilmuan, terutama Ilmu Hukum sebagaimana Profesor yang Tengah menerima SK pengangkatannya pada hari ini.

Prof. Aris Junaidi berharap dengan bertambahnya professor dari UII, dapat meningkatkan etos intelektual terutama di kalangan generasi muda untuk dapat meraih capaian yang serupa, bahkan melampaui.

Baca juga: 3 PTS Masuk Pemeringkat THE WUR 2024, UII Salah Satunya

"Mudah-mudahan dengan hadirnya Prof. Ridwan nanti bisa mencerahkan dan juga menambah kekuatan di UII yang memang dari dulu (fakultas) hukumnya memang luar biasa," pungkas Prof. Aris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com