Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Ketiga Menteri Basuki Lulus S2 di UGM

Kompas.com - 31/10/2023, 16:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menghadiri acara wisuda anaknya, Dira Mediani yang lulus Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FKKMK UGM pada Rabu (25/10/2023).

Menteri Basuki mengaku untuk pertama kalinya datang menghadiri wisuda program pascasarjana di UGM.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

Sebelumnya, dia sudah tiga kali menghadiri wisuda sarjana saat ketiga anaknya lulus dari kampus UGM.

"Nomor satu itu lulus psikologi, nomor dua lulus teknik sipil, dan nomor tiga ini lulus sarjana kedokteran dan kini wisuda S2 magister kebijakan dan manajemen kesehatan," ucap dia dikuti dari laman UGM, Selasa (31/10/2023).

Untuk anaknya yang nomor dua, kata Basuki, sudah menyelesaikan pendidikan doktor dan kini bekerja sebagai dosen di Fakultas Teknik UGM.

Sedangkan anaknya yang ketiga, sudah bekerja di kota Bekasi.

"Kebetulan dua mantu saya juga lulusan UGM. Jadi kami ini keluarga besar alumni UGM," ungkap dia.

Basuki bercerita, saat dirinya mengikuti prosesi wisuda kali ini mengingatkan saat kuliah di bangku Teknik Geologi UGM.

Dia pun tidak menyangka jika anak-anaknya akhirnya mengikuti jejaknya kuliah di kampus pertama yang didirikan oleh pemerintah pasca kemerdekaan ini.

"Kita semua, termasuk saya, sangat bersyukur pernah lulus dari UGM, universitas sangat kredibel di Indonesia," ungkap dia.

Baca juga: Cerita Gaby, Lulusan Matana University dengan IPK 3,98

Bukan soal nama besar kampus yang selalu ia pegang, tapi pesan dari para pendidik agar selalu menjaga nama baik almamater dalam berkiprah di masyarakat.

"Tetap ingat janji (sumpah panca prasetya alumni) untuk jaga nama baik almamater, terus berinovasi dan memajukan ilmu pengetahuan," tutur Menteri Basuki.

Saat proses wisuda anaknya, Basuki bukannya menyempatkan waktu bersama keluarga berfoto di depan panggung wisuda, melainkan harus sibuk meladeni para wisudawan dan tamu undangan yang berebut untuk berswafoto dengannya.

Beruntung istri dan anaknya rela bersabar menunggu selesai melayani permintaan foto satu per satu.

Baca juga: Guru Besar ITB: Ini 5 Manfaat Makan Tempe untuk Kesehatan

Menteri Basuki di kabinet Presiden Joko Widodo ini banyak digandrungi warga masyarakat, karena prestasinya berhasil membangun infrastruktur secara massif dalam 10 tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com