Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Reputasi, Ukrida Kukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen

Kompas.com - 13/10/2023, 19:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana (FEB Ukrida) menambah lagi jumlah Guru Besarnya. Kali ini Ukrida mengukuhkan Prof. Adrie Frans Assa menjadi Guru Besar Ilmu Manajemen.

Pengukuhan guru besar digelar dalam seremoni Sidang Terbuka Senat Ukrida dipimpin Rektor Ukrida, Wani Devita Gunardi, pada Senin, 09 Oktober 2023, di Auditorium Kampus II Ukrida.

Prof. Adrie Frans Assa lahir di Tombasian, Sulawesi Utara dan menamatkan studi hingga jenjang sarjana di Manado, kemudian menempuh studi lanjut jenjang pascasarjana dan doktoral di Jakarta.

Melalui pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen, Ukrida menambah jumlah Dosen yang kapasitas maupun kapabilitas keilmuannya sudah teruji, khususnya Bidang Ilmu Manajemen.

Prof. Adrie menyampaikan orasi ilmiah pengukuhan berjudul ”Perihal Manajemen: Sebuah Pergulatan Eksistensial Manusia Dewasa Ini”.

“Ruang lingkup ilmu manajemen selalu bersifat holistik dan tidak boleh absen terhadap seluruh dimensi kehidupan manusia. Dampak ilmu manajemen menembus pandang, lintas batas, ruang dan waktu," jelas Prof. Adrie.

"Dapat saya katakan bahwa, ilmu manajemen adalah sebuah Conditio Sine Qua Non, berarti ilmu manajemen itu bersifat harus, atau menjadi sebuah keharusan, atau sesuatu yang bersifat mutlak di dalam berbagai bidang kehidupan manusia," tambahnya.

"Jadi secara universal, ilmu manajemen itu adalah ilmu kehidupan secara universal dan selalu bersifat absolut,” lanjut Prof. Adrie.

Tingkatkan reputasi universitas

Dalam kesempatan sama, Rektor Ukrida, Wani Devita Gunardi menyambut gembira pengukuhan ini. Ia menegaskan pengukuhan ini menunjukkan peningkatan reputasi Ukrida sebagai universitas yang patut diperhitungkan.

Baca juga: Guru Besar Unej Jadi Peneliti dengan Publikasi dan Sitasi Terbanyak di Indonesia 2022

 

Dalam sambutannya, Rektor Ukrida mengatakan menjadi guru besar seharusnya merupakan keniscayaan bagi seorang dosen setelah melewati tingkatan asisten ahli, lektor, hingga lektor kepala.

"Guru Besar adalah tingkatan akhir dan tertinggi dari jabatan fungsional seorang dosen," ujar Wani Devita Gunardi.

Ia menyampaikan, dalam dunia yang berubah secara cepat dan dinamis dengan eskalasi perubahan yang eksponensial, apa yang disampaikan Prof. Adrie Assa dalam pidato pengukuhannya adalah tepat.

“Di sinilah peran strategis ilmu Manajemen dalam bentuknya yang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan, untuk dapat membawa dunia usaha bergerak lebih maju dan dinamis memenangkan persaingan,” ujar Rektor Ukrida.

Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Toni Toharudin selain mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Adrie Frans Assa juga mengatakan pengukuhan guru besar adalah sebuah pencapaian yang sangat mengesankan karena menjadi bukti nyata dedikasi pengetahuan dan kontribusi ilmiah luar biasa.

Menurut Prof. Toni, "peran Guru Besar sangat strategis dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan hanya sebagai pengajar tetapi juga sebagai penggerak utama dalam penelitian dan pengembangan, serta kebijakan di perguruan tinggi."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com