Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah 3, Unhas Sudah Punya 487 Guru Besar

Kompas.com - 06/10/2023, 11:31 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Hasanuddin (Unhas) mengukuhkan kembali tiga guru besar baru pada Rabu (4/10/2023).

Proses pengukuhan dihadiri oleh Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa, Ketua, Sekretaris, dan Anggota Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, Dewan Profesor, tamu undangan, serta keluarga besar dari guru besar yang dikukuhkan.

Baca juga: Tak Pernah Bolos Kuliah, Cara Embun Lulus Kuliah dan Gapai IPK 3,98

Ketiga guru besar yang baru dikukuhkan diperoleh dari berbagai bidang.

Adapun ketiga guru besar baru tersebut, yakni:

1. Prof. Muh Altin Massuinai dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Geofisika/Geomorfologi, Departemen Geofisika FMIPA atau guru besar ke-485 di Unhas.

2. Prof. Asri Usman menjadi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Akuntansi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau guru besar ke-486 di Unhas.

3. Prof. Mukti Zainuddin menjadi Guru Besar dalam bidang Sistem Informasi Perikanan Tangkap, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan atau guru besar ke-487 di Unhas.

Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa menyampaikan proses pengukuhan ini sebagai momentum untuk saling bertukar wawasan ilmu pengetahuan baru melalui pidato hasil penelitian yang dilakukan oleh guru besar yang baru dilantik.

"Diharapkan menjadi motivasi bersama untuk terus melakukan berbagai penelitian dalam menggali dan menemukan pengetahuan baru untuk dapat dikembangkan bagi pengembangan pendidikan," kata dia dikutip dari laman Unhas, Kamis (5/10/2023).

Sebelum dikukuhkan, ketiga guru besar tersebut menyampaikan orasi ilmiahnya masing-masing.

Sebelumnya, masing-masing guru besar telah menyampaikan pidato penerimaan, yang membahas bidang keahliannya.

Baca juga: Sosok Stanley, Lulus dari Jurusan Kedokteran UB dengan IPK 3,99

Prof. Muh Altin Massuinai menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul "Tinjauan Geofisika Terhadap Ketahanan Tanah sebagai Faktor Pembangunan Infrastruktur".

Dia menjelaskan, tanah merupakan salah satu materilan penyusunan bumi yang sangat berpengaruh pada konstruksi infrastruktur, baik konstruksi bangunan maupun konstruksi jalan.

Prof. Asri Usman menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul "Kualitas Audit dalam Perspektif Kepemimpinan dan Organisasi".

Prof. Asri Usman mengaku, auditor dalam melaksanakan tugasnya diwajibkan untuk menjaga kualitas audit dan dituntut untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan standar yang berlaku. Sehingga kepercayaan Masyarakat dan pengguna hasil laporan audit terhadap auditor bisa dipercaya.

Prof. Mukti Zainuddin menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul "Peranan Sistem Informasi Perikanan Tangkap Berbasis Teknologi Remote Sensing GIS dalam Mendukung Operasional Perikanan Berkelanjutan".

Baca juga: Tambah 9, Kini Politeknik Negeri Bali Punya 11 Guru Besar

Dia menjelaskan, pentingnya sistem informasi perikanan pada kegiatan eksplorasi dan eskploitasi sumber daya ikan baik dalam skala nasional maupun global tidak dapat diragukan lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com