Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia 40 Lebih Tetap Produktif, Guru Besar UNS Raih Penghargaan Ini

Kompas.com - 12/10/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Meski usia tak lagi muda, tetapi Prof. Dr. Sri Sulistyowati, dr.,Sp.OG(K)., dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tetap produktif.

Bahkan Guru Besar UNS ini berhasil meraih prestasi sebagai Most Inspirational Women pada Kontes Perminesia di 9th Scientific Meeting of Asia Pacific Menopause federation (APMF), Sabtu (7/10/2023) di Stone Hotel, Bali.

Ternyata, acara itu dihelat dalam rangka menghargai dan mengakui pencapaian luar biasa dari para tenaga kesehatan wanita yang berusia di atas 40 tahun.

Meski demikian, para tenaga kesehatan tersebut mampu tetap produktif dalam pekerjaan dan menjalani gaya hidup sehat sesuai pedoman Perminesia.

Baca juga: Guru Besar IPB: Analisis Karhutla dengan Konsep Pemodelan Matematis

Adapun kontes tersebut diselenggarakan untuk memberikan motivasi agar tetap produktif dan sehat menjelang usia menopause.

Prof. Sri Sulistyowati, yang juga Ketua Senat Akademik UNS ini mengatakan bahwa ajang tersebut diikuti oleh para peserta dari dalam dan luar negeri.

Seluruh peserta yang mengikuti kontes kemudian dinilai dengan beberapa kriteria, seperti:

  • penilaian kesehatan fisik
  • inspirasi dan kontribusi
  • produktivitas kerja
  • kesehatan dan gaya hidup
  • inovasi dan keunggulan
  • pengaruh positif

"Sebagian besar perempuan di atas 40 tahun, rata-rata menjelang usia 50 tahun yang sudah memasuki masa menopause menjadi berkurang aktivitasnya karena mengalami beberapa masalah kesehatan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/10/2023).

"Kontes tersebut hadir untuk menjadi inspirasi kepada wanita yang sudah berusia," imbuh Prof. Sulis.

Tak hanya itu saja, ada kriteria lain yang juga dinilai, yakni terkait aktivitas sehari-hari.

"Kebetulan yang saya unggah kemarin untuk kontes adalah kegiatan olahraga. Hobi saya adalah tenis dan sudah beberapa kali menjuarai lomba tenis untuk kategori orang tua," terangnya.

Selain itu, kontribusi sebagai dokter yaitu melayani pasien dan juga mengajar mahasiswa juga terus dia jalani.

Prof. Sulis berharap agar para perempuan Indonesia harus tetap semangat, menjaga kesehatan, istirahat yang cukup dan menjaga pola makan.

Baca juga: UNS Segera Gelar Pilrek Ulang, Dirjen Diktiristek Apresiasi Tahapan Pemilihannya

Utamanya adalah berserah diri dan menikmati apa yang ada. Tetap berkontribusi dan meningkatkan pelayanan ke orang lain dengan lebih baik lagi sesuai profesinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com