Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Vokasi Berpotensi Besar Jadi Ekosistem Perdagangan Industri

Kompas.com - 11/10/2023, 19:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi diberi kesempatan untuk menghadirkan karya dan produk dari satuan pendidikan vokasi pada gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 dan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024.

Keikutsertaan pendidikan vokasi merupakan yang perdana di TEI 2023, sedangkan untuk di JMFW merupakan kali kedua setelah tahun lalu sebanyak 60 looks dari 10 satuan pendidikan vokasi berlaga di parade busana JMFW 2023.

Baca juga: Kemendikbud Minta Lulusan Vokasi Jadi Pengusaha Saja Dibanding ASN

"Eksistensi pendidikan vokasi itu penting karena untuk mengetahui relevansi terkini dari dunia usaha dan dunia industri," kata Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemendikbud Ristek, Uuf Brajawidagda pada acara diskusi media di Gedung Kemendikbud Ristek, Rabu (11/10/2023).

Uuf menyatakan, pendidikan vokasi memiliki potensi besar untuk menjadi bagian dari ekosistem perdagangan bersama industri baik dalam negeri maupun industri global.

Saat ini, pihaknya juga terus meningkatkan kolaborasi melalui program-program penguatan kemitraan dan penyelarasan.

Di samping itu, keikutsertaan satuan pendidikan vokasi dalam TEI dan JMFW juga dapat mengembangkan lebih lanjut potensi produk hasil dari satuan pendidikan vokasi.

TEI 2023 diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional melalui berbagai potensi kekayaan alam, kreativitas, dan budaya dalam berbagai bentuk produk berkualitas, berdaya saing, dan memenuhi standar internasional.

TEI menghadirkan berbagai bentuk produk mulai dari sektor industri, pertambangan, pertanian, hingga kerajinan dari pemasok produk yang terjamin di dunia internasional.

Baca juga: Kemendikbud Telah Identifikasi 589 Koleksi Museum Nasional

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag, Miftah Farid mengatakan, pendidikan vokasi bertugas untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas. Itu berguna mengisi supplier dan buyer seperti yang terjadi di TEI 2023 maupun JMFW 2024.

"Dan juga berguna meminimalisasi asymmetric information, sehingga seluruh zona dapat terkoneksi dengan pendidikan vokasi," ucap Miftah.

Miftah turut mengapresiasi keikutsertaan satuan pendidikan vokasi pada JMFW 2023.

Menurut dia, koleksi busana rancangan desainer dari satuan pendidikan vokasi yang diperagakan di panggung JMFW sangat impresif, dan layak bersanding dengan koleksi-koleksi dari brand terkenal.

Baca juga: Kemendikbud Bidik 500.000 Mahasiswa Ikut MBKM Mandiri pada 2024

Oleh sebab itu, dia kembali memberikan kesempatan kepada satuan pendidikan vokasi dalam parade pendidikan vokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com