Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Tak Ada PR, SD di Sidoarjo Ini Punya Jam Tidur Siang bagi Siswa

Kompas.com - 03/10/2023, 10:35 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidur siang di sekolah kini bukan lagi hanya sebatas mimpi para siswa saat mengantuk di kelas. Salah satu SD di Jawa Timur justru menerapkan jam tidur siang di sekolah bagi siswa.

Sekolah yang menerapkan Mata Pelajaran Tidur Siang ini adalah SD Muhammadiyah IV, Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca juga: Kisah Ahmad, Diterima 4 Kampus Top Dunia lewat Beasiswa LPDP

Sekolah di bawah naungan organisasi Muhammadiyah ini menerapkan Mapel Tidur Siang agar siswa bisa berkonsentrasi menyerap ilmu pembelajaran.

Tak hanya itu, pihak sekolah juga meniadakan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR).

Seluruh tugas harus diselesaikan di sekolah supaya tidak membebani siswa sekolah dasar yang menerapkan full day school ini.

“Baru tahun ajaran ini kita menerapkan pelajaran tidur siang, setelah sebelumnya kami melihat para siswa kelelahan hingga tak jarang meminta untuk pulang. Alhamdulillah setelah beristirahat, konsentrasi para murid naik sehingga mampu menyerap pelajaran hingga sore,” ungkap guru SD Muhammadiyah IV, Kiki Arya Wijaya, dilansir dari laman Muhammadiyah, Selasa (3/9/2023).

Baca juga: Sosok Stanley, Lulus dari Jurusan Kedokteran UB dengan IPK 3,99

Menurutnya, pelajaran tidur siang ini diyakini membuat murid lebih bugar dan meningkatkan konsentrasi khususnya di sekolah yang menerapkan full day school.

Sehingga diyakini bila siswa sudah tidur, kondisi fisik sudah fresh dan siap melanjutkan pembelajaran.

Para siswa diwajibkan tidur selama 1 jam pada pukul 13.00 hingga pukul 14.00 WIB.

Selain dijaga oleh guru yang bertugas, para murid tidur bersama-sama di dalam kelas masing masing dengan beralaskan karpet dan bantal.

Salah satu siswa mengatakan tidur siang di sekolah membantunya terasa bugar.

“Saya sangat senang dengan adanya program tidur siang ini, karena biasanya saya ngantuk dan capek saat siang. Setelah tidur saya jadi lebih semangat,” ucap Kinanti, salah satu siswi SD Muhammadiyah IV Sidoarjo.

Untuk diketahui, full day school adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada tahun 2017 silam.

Meski full day, kegiatan belajar mengajar dari sistem ini tidak berlangsung nonstop dari pagi hingga malam.

Pada rilis Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 dijelaskan bahwa full day school artinya hari sekolah harus berlangsung 8 jam per hari.

Dimulai dari Senin sampai Jumat mulai pukul 06.45-15.30 WIB, dengan durasi istirahat setiap dua jam sekali. Durasi KBM ini juga sesuai dengan kurikulum tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com