Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah 5, UIN Ar-Raniry Punya 36 Guru Besar

Kompas.com - 25/09/2023, 16:29 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali menambah jumlah guru besar, setelah Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menetapkan pengangkatan lima dosen menjadi guru besar.

Penyerahan PAK dan Surat Keputusan tersebut dilaksanakan di Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat, Kamis (21/9/2023). Kelima dosen tersebut, yakni:

1. Muhammad Yasir Yusuf ditetapkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam.

Baca juga: Tambah 6, Kini ITS Punya 168 Guru Besar

2. Hafas Furqani ditetapkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Ekonomi Islam.

3. Kamaruzzaman ditetapkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Antropologi Agama.

4. Muhammad Maulana ditetapkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum Islam.

5. Saiful Akmal ditetapkan sebagai Guru besar bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Mujiburrahman menyampaikan apresiasi kepada lima Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang telah resmi memperoleh gelar paling tertinggi di akademik.

"Alhamdulillah dengan bertambahnya lima orang guru besar, tercatat hingga saat ini jumlah guru besar aktif pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh berjumlah 36 orang," kata dia dikutip dari laman Kemenag, Senin (25/9/2023).

Baca juga: Kemendikbud: Sistem Zonasi Dihapus Tidak Selesaikan Masalah PPDB

Prof. Mujib menjelaskan pertumbuhan jumlah profesor di UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan terus meningkat.

Pasalnya, saat ini jumlah dosen yang berusia relatif muda, bergelar doktor dan memiliki jabatan fungsional lektor kepala jumlahnya cukup banyak.

"Semoga percapaian ini memberikan semangat dan motivasi bagi kita semua untuk terus berusaha memberikan kontribusi yang lebih baik lagi dalam bidang kita masing-masing dan dalam amanah yang diemban, demi memajukan dunia pendidikan kita di masa yang akan datang," kata Prof. Mujib.

Baca juga: Pasar Tanah Abang Sepi, Pakar UI: Barang dari Impor Jauh Lebih Murah

Prof. Mujib berharap para guru besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh dapat terus bekerja sama dan berkolaborasi dalam mewujudkan UIN Ar-Raniry sebagai Pusat Transmisi Pengembangan Keilmuan dan Peradaban yang Unggul, Inovatif, Nasionalis, Agamis, dan Responsif (UINAR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com