Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosialisasi Kekayaan Budaya, BMK Kemendikbudristek Gelar Kelana Indonesiana

Kompas.com - 19/09/2023, 16:12 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Balai Media Kebudayaan (BMK) Kemendikbudristek menggelar "Kelana Indonesiana: Budaya, Inspirasi, dan Eksplorasi", di Gedung Balai Budaya, Surabaya, pada Jumat (15/9/2023).

Kelana Indonesiana menjadi sosialisasi kekayaan budaya sebagai sumber inspirasi dan kreativitas yang akan ditayangkan melalui platform Indonesiana.TV. Ajang Kelana Indonesiana melibatkan pelajar, tenaga pendidik, kreator seni, dan komunitas budaya di Surabaya.

Dalam sambutan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan, platform Indonesiana.TV dapat menyerap potensi dimiliki semua kalangan yang terinspirasi untuk memajukan kebudayaan.

Dengan begitu kemunculan Indonesiana.TV yang diluncurkan Mendikbudristek sebagai Merdeka Belajar episode ketiga belas tidak sekadar sebagai hiburan namun juga mengedukasi.

“Maka jadikanlah Indonesiana.TV sebagai platform bersama, bukan hanya dari profesional saja, apa yang bisa dikerjakan besama-sama ke depan. Satu-satunya cara melindungi budaya adalah terlibat di dalamnya,” lanjut Hilmar.

Dalam kesempatans sama, Kepala BMK Kemendikbudristek Retno Raswaty mengungkapkan, Indonesiana.TV ingin mengajak masyarakat Indonesia melahirkan karya segar yang terinspirasi dari budaya lokal sehingga ikut mengembangkan dan menjaga kebudayaan nasional.

Retno mengatakan, platform Indonesiana.TV merupakan etalase sekaligus perpustakaan kebudayaan Indonesia yang terbuka bagi khalayak umum. Selain juga menjadi media tontonan bagi semua lapisan masyarakat

"Indonesiana.TV juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat informasi untuk kepentingan peningkatan khazanah kebudayaan Indonesia," kata Retno.

“Pemajuan kebudayaan disebarluaskan melalui platform digital konten di Indonesiana.TV. Indonesiana.TV membuka ruang berbagi banyak hal untuk belajar bersama, misalnya bagaimana proses produksi sebuah konten kebudayaan,” tambah Retno.

Baca juga: Mengenal Sumbu Filosofi Yogyakarta yang Resmi Diakui Warisan Budaya oleh UNESCO

Sementara itu, Kepala BPK Wilayah XI Jawa Timur Endah Haryani menjelaskan, Indonesiana.TV mampu mendekatkan seluruh unsur masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia. Kearifan lokal yang masih terpendam, tambah Endah, akhirnya muncul dan tersebar luas sebagai distribusi pendidikan.

Sosialisasi Kelana Indonesiana di Kota Perjuangan ini juga dimeriahkan oleh penampilan aktraktif Surabaya Angklung Percussion yang memadukan lagu tradisional diiringi angklung, gamelan, dan drum yang dimainkan dalam alunan moderen.

Sebagai informasi, Indonesiana.TV adalah televisi kebudayaan pertama di Indonesia yang dikelola Kemendikbudristek dan tayang di media digital guna membangkitkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya lokal.

Tayangan Indonesiana.TV dapat disaksikan melalui situs www.indonesiana.tv atau jaringan televisi berlangganan IndiHome kanal 200 (HD) dan 916 (SD).

Kelana Indonesiana di Surabaya

Pada sesi di Surabaya, Kelana Indonesiana mengajak generasi muda siswa-siswi SMK, tenaga pendidik, dan komunitas seni budaya untuk menonton film animasi dengan teknik wayang (aniwayang) berjudul "Desa Timun".

Film animasi garapan Daud Nugraha (kreator dan Sutradara) serta Ricca Viria (Produser) ini merupakan salah satu program unggulan yang ditayangkan di Indonesiana.TV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com