Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diaspora di Turki Promosikan Budaya hingga Produk UMKM Indonesia

Kompas.com - 12/09/2023, 09:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Meski berada di luar negeri, para diaspora masih dapat mengenalkan budaya, kuliner serta produk-produk UMKM Indonesia.

Seperti yang dilakukan para diaspora Indonesia yang berada di Turki ini. Mereka kembali menggelar Festival Pasar Senggol Turkiye di Eyüp Sultan Kültür Merkezi, Istanbul, Turkiye pada Minggu (10/9/2023).

Ternyata, festival ini untuk melanjutkan kesuksesan yang digelar perdana pada Festival Pasar Senggol tahun lalu.

Adapun festival ini digelar di bawah naungan diaspora Indonesia yang tergabung dalam Yayasan Kreatif Senggol Indonesia.

Baca juga: PPI Bursa Gelar Budaya di Turki, Ditampilkan Tokoh Mitologi Indonesia

Terdiri dari beberapa aktivis organisator Indonesia di Turki yaitu MII, PMI, NYC Indonesia, PPI Turki dan PPI Istanbul serta mendapat dukungan dari KJRI Istanbul.

Menurut ketua pelaksana Festival Pasar Senggol, Linda Duristi, acara ini diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan budaya serta produk Indonesia dan menyatukan diaspora di Turki.

"Dengan adanya pasar senggol menjadi agenda tahunan yang selalu dinanti oleh pecinta kuliner dan budaya Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/9/2023).

Dijelaskan, festival ini juga menggandeng BUMN serta pemerintah Kabupaten Banggai dengan memboyong 71 produk UMKM terbaik ke Turki.

Ada 58 booth yang menjual produk UMKM diaspora Indonesia di Turki, UMKM Malaysia, UMKM binaan BUMN dan UMKM binaan Kabupaten Banggai.

Baca juga: Mahasiswa S2 Ini Ikut Shalat Idul Fitri di Turki, Ceritakan Perbedaan Budaya Indonesia

Selain itu, ada pula pertunjukkan budaya daerah untuk memeriahkan Festival Pasar Senggol. Seperti tari lenggang, nasyid, tari jaipong, tari piring, tari bagurau, tari Kalimantan hingga penampilan silat.

Tentu, hal ini menarik animo peserta baik dari masyarakat Indonesia hingga mancanegara.

Seperti dari negara tetangga Malaysia, Thailand, Arab, Rusia, Afrika hingga warga lokal Turki. Sekitar 2.000 peserta datang untuk meramaikan Festival Pasar Senggol.

Fauzul Azhim selaku Ketua Indonesia National Youth Council menyatakan rasa bangga dengan diaspora yang berada di Turki.

"Kami bangga bisa bekerjasama menciptakan program yang spektakuler bersama. Kita akan dukung terus program ini ke depan," terang dia.

Sementara Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya M. Sinulingga menyampaikan dalam sambutanya, BUMN mendukung penuh pelaku UMKM baik yang berada di dalam dan di luar negeri. Pihaknya akan selalu memberi yang terbaik untuk memajukan semua sektor UMKM.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com