Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPI UK Gelar Konferensi, Wadah Gagasan Pelajar untuk Bangun Indonesia

Kompas.com - 31/08/2023, 14:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Meski tak berada di Indonesia, tapi para generasi bangsa yang sedang kuliah di luar negeri tetap bisa berkarya demi bangsa.

Salah satunya seperti Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) menggelar Indonesian Scholar International Convention (ISIC) yang ke-21, 25-26 Agustus 2023 di University of Nottingham, Inggris.

Adapun acara tahunan pelajar Indonesia di Inggris Raya tersebut mengusung tema “Rethinking Indonesia's Strategy to Recover and Grow”.

Dari tema itu dibahas sejumlah isu seperti transisi energi berkelanjutan, digitalisasi dan inovasi, serta rekonstruksi sosial dan kesehatan.

Baca juga: Hamzah Resmi Pimpin PPI Dunia, Dorong Mahasiswa di Luar Negeri Unggul Berdaya Saing

Dengan dihadiri lebih dari 150 pelajar Indonesia secara luring dan 200 pelajar Indonesia secara daring dari seluruh belahan dunia, ISIC menghadirkan sejumlah pembicara nasional.

Seperti menteri, gubernur, birokrat, akademisi, dan pegiat sektor privat untuk berdiskusi bersama dengan pelajar Indonesia dari jenjang S1 hingga doktoral.

Menurut Ketua PPI UK, Muhamad Affin Bahtiar, kegiatan ISIC sebagai wadah berbagi gagasan untuk pelajar Indonesia di UK dalam membangun Indonesia.

"Ide dan gagasan konstruktif tentang Indonesia akan disampaikan langsung pada para pemangku kebijakan," ujar Affin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/8/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Adapula Menteri Sosial Tri Rismaharini, Pemerhati Lingkungan Andhyta Firsellla Utami, Direktur BPJS Ali Ghufron Mukti, dan Anggota DPR RI Puteri Komaruddin.

Baca juga: PPI Dunia Gelar Simposium Internasional XV Bahas Peran Strategis Indonesia di Kancah Global

Kemudian Asisten Professor di University of Nottingham Bagus Muljadi, Co-Founder dan Direktur Alloyed Ltd Dr. Faudzan Adziman, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia London Farida Peranginangin.

Chief of Administration Bank Indonesia Representative Office London Rizki Maulidani, Recruitment Manager Bank Indonesia Yustitia Asri Ertaningrum, CEO Equatorise Steven Marcellino, dan banyak lainnya.

Sedang Ketua Pelaksana ISIC-21 Revy Savitry menjelaskan, tema dan isu yang diangkat dalam ISIC didiskusikan dalam berbagai perspektif untuk menghadirkan diskusi yang komprehensif.

"Pemangku kebijakan dan aktor multi sektor dihadirkan untuk saling berdialog dan mencari solusi bersama," jelasnya.

Untuk rangkaian kegiatan ISIC telah dilaksanakan sejak Mei 2023 dengan berbagai kegiatan menarik seperti festival ide, lomba poster, konferensi akademik, dan dialog tokoh.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com