Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UMY: Mahasiswa Harus Jadi Bagian Masyarakat Dunia

Kompas.com - 11/09/2023, 19:18 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Paparan internasional dirasa semakin krusial untuk dimiliki oleh mahasiswa, itu sebagai persiapan dalam menghadapi tantangan global, baik saat berkuliah maupun setelah lulus.

Inilah salah satu hal yang menjadi perhatian utama dari Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof. Gunawan Budiyanto.

Baca juga: Siswa SD-SMA Libur 2 Minggu pada Akhir Tahun 2023, Catat Tanggalnya

Menurut Prof. Gunawan, sudah saatnya mahasiswa dapat menjadi bagian dari masyarakat global.

"Banyak sekali kegiatan mahasiswa yang diselenggarakan UMY di luar negeri, mulai dari magang internasional, pertukaran pelajar, hingga pengabdian masyarakat. Ini menjadi bentuk komitmen UMY dalam menjadi gerbang pembuka bagi mahasiswa untuk mengenal dan berinteraksi secara langsung dengan dunia internasional," kata dia dikutip dari laman UMY, Senin (11/9/2023).

Hal tersebut juga ditunjang dengan rekognisi UMY di dunia internasional melalui pemeringkatan oleh lembaga dunia yang berkredibilitas tinggi.

"Ada banyak pemeringkatan internasional yang telah didapatkan oleh UMY, dan alhamdulillah posisi kita meningkat semakin signifikan setiap tahunnya," jelas dia.

Salah satu yang paling bergengsi dan sulit untuk dicapai adalah pemeringkatan dari QS World University Ranking (WUR).

"UMY berhasil mendapatkan peringkat 1.201-1.400 dengan total lebih dari 32.000 perguruan tinggi di dunia," ungkap Gunawan.

Doa pun berharap agar seluruh capaian yang dimiliki UMY dapat membuka peluang baik bagi mahasiswa maupun unversitas untuk melakukan jejaring yang lebih luas lagi.

Baca juga: Mau Kuliah di UI Lebih Awal? Siswa SMA/SMK Bisa Daftar Pre-University

Kepala Biro Admisi UMY, Dr. Imam Suprabowo mengatakan, seluruh mahasiswa baru UMY sekitar 5.550 mahasiswa.

Imam mengatakan, agenda di tahun ini memuat lebih banyak dialog antara pimpinan universitas dengan para orangtua/wali jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ini sekaligus menjadi kesempatan bagi UMY untuk menjelaskan secara langsung terkait kemahasiswaan dan kehidupan di UMY secara umum.

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Banyak Jurusan Lulusan S1 dan S2

"Termasuk di antaranya adalah fasilitas fisik seperti sarana dan prasarana, dan juga fasilitas non-fisik berupa layanan seperti konseling, kesehatan dan karir. Ini dimaksudkan agar para orangtua dapat mengetahui fasilitas apa saja yang nantinya akan didapatkan oleh mahasiswa baru," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com