Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMA Cahaya Rancamaya Persembahkan Emas dan Perak untuk Jabar lewat OSN dan KSM 2023

Kompas.com - 07/09/2023, 18:24 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School berhasil mempersembahkan dua medali bagi Provinsi Jawa Barat di ajang Olimpiade Sains Nasional 2023 (OSN) yang telah berlangsung pada 27 Agustus hingga September 2023 di Kota Bogor, Jawa Barat.

Sekolah Cahaya Rancamaya berhasil meraih satu medali perak bidang Kimia dipersembahkan Baruna Adi Sanjaya dan satu medali perunggu bidang Matematika dipersembahkan Muhammad Ilham Al Farisi.

Humas Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School, Indah Hamidah melalui rilis resmi (7/9/2021) mengungkapkan, dalam OSN 2023 yang diadakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek pihaknya mengirim lima perwakilan terdiri dari empat siswa SMA dan satu siswa SMP.

"Bukan hal yang mudah untuk bisa berada ditahap tersebut, karena untuk bisa sampai ditahapan seperti sekarang ini mereka harus menempuh perjalanan yang begitu panjang," ujar Indah Hamidah.

"Banyak sekali tantangan, persiapan, perjuangan dan juga pengorbanan yang harus mereka lalui," tambahnya.

Ilham Al Farisi peraih medali perunggu OSN 2023 bidang matematika mengungkapkan, “saya telah menggeluti dunia olimpiade sejak sekolah dasar dan OSN tahun 2023 ini merupakan kesempatan terakhir saya dalam mengikuti ajang paling bergengsi di Indonesia."

"Untuk persiapan mengikuti OSN, saya mengikuti pelatihan yang sangat membantu saya dalam mempersipakan diri, selain itu kami juga diberikan kesempatan belajar dari pelatihan yang persiapkan oleh SMA Cahaya Rancamaya, yang memberikan pelatihan pra OSN intensif bersama tutor-tutor berpengalaman," kisahnya.

"Saya merasa sangat beruntung bisa belajar dari para mentor yang sangat berkompeten, sehingga bisa berhasil meraih prestasi untuk kesempatan terakhir saya." Tutur Ilham yang saat ini duduk di kelas XII SMA," tambah Ilham.

Ilham menyampaikan, pencapaian tersebut tak lepas dari dukungan guru, teman seperjuangan yang selalu menyemangati, dan keluarga.

Baca juga: Sumbang Dua Medali, SMP Pribadi Jadi Satu-satunya Sekolah Depok Raih Prestasi OSN 2023

"Ibu yang selalu punya saran dan selalu menjadi tempat bersandar. Kakak-kakak yang memberikan motivasi untuk selalu mengembangkan diri. Tentunya saya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rizkinya yang tak pernah terhingga," ungkapnya.

Berbeda dengan Narendra Aditya Tanoto salah satu dari lima siswa perwakilan Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School, meski gagal meraih medali OSN 2023, ia tetap berbesar hati menerima hasil yang ditetapkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com