Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIEF Buka TOEFL Lounge, Pelajar Indonesia Bisa Akses TOEFL iBT Secara Akurat

Kompas.com - 10/08/2023, 18:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Indonesian International Education Foundation (IIEF) dan Educational Testing Service (ETS) meluncurkan TOEFL Lounge yang berlokasi di Menara Imperium LG 31, Kuningan, Jakarta.

TOEFL Lounge merupakan pusat informasi dan layanan gratis bagi calon peserta ujian TOEFL di Indonesia.

Baca juga: Ada Toilet Gender Netral di Salah Satu Sekolah Internasional, Kemendikbud Buka Suara

TOEFL Lounge diluncurkan untuk memberikan akses informasi yang akurat dan terpercaya kepada publik atas TOEFL iBT, sebuah ujian kecakapan Bahasa Inggris yang paling dihormati dan diterima yang digunakan untuk keperluan belajar, bekerja, dan imigrasi.

Peluncuran TOEFL Lounge mengikuti peningkatan terbaru yang dilakukan oleh Educational Testing Service (ETS) pada TOEFL iBT, yaitu mempersingkat waktu ujian menjadi kurang dari dua jam dan memperbarui proses pendaftaran akun, dan pendaftaran tanggal ujian menjadi lebih cepat dan lebih mudah daripada sebelumnya.

Direktur IIEF, Diana Kartika mengatakan, lebih dari 12.000 institusi di lebih dari 160 negara di seluruh dunia telah menggunakan skor TOEFL iBT sebagai persyaratan.

Di TOEFL Lounge, masyarakat luas dapat mengakses informasi TOEFL iBT secara akurat, langsung, dan interaktif.

"Staf ahli IIEF akan membantu proses pendaftaran pembuatan akun, pembayaran ujian menggunakan pembayaran lokal, serta pendaftaran tanggal ujian," kata dia di lokasi acara, Kamis (10/8/2023).

Tak hanya itu, sebut dia, TOEFL Lounge juga akan menjadi tuan rumah berbagai acara bagi masyarakat luas untuk meningkatkan keterampilan dan memantapkan persiapan sebelum belajar ke luar negeri atau mengajukan beasiswa.

"Belajar ke luar negeri kini semakin mudah bagi pelajar dan masyarakat Indonesia dengan dibukanya TOEFL Lounge," ucap Diana.

Dia menyebut, TOEFL Lounge tidak hanya berfungsi sebagai pusat informasi dan layanan untuk TOEFL iBT yang telah lama menjadi gerbang utama untuk belajar ke luar negeri.

"TOEFL Lounge juga akan berfungsi sebagai tuan rumah dari berbagai acara menarik dan sesi informasi yang berfokus pada persiapan dan pemantapan belajar ke luar negeri," ucap dia.

Baca juga: Mau Masuk SMA Taruna Nusantara? Cek Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ

Senior Vice President ETS – Global Higher Education and Workskills, Rohit Sharma menyatakan, ETS dan TOEFL Program dengan bangga memberikan dukungan penuh kepada IIEF dalam peluncuran TOEFL Lounge.

Lanjut dia mengatakan, peluncuran TOEFL Lounge untuk membekali pelajar dan masyarakat Indonesia ketika mereka ingin melakukan perjalanan pendidikan tinggi maupun bekerja ke luar negeri.

"Kami mengambil langkah signifikan dalam membuka pintu lebih banyak kesempatan bagi pelajar di seluruh dunia untuk belajar dan mengaktualisasikan tujuan pendidikan tinggi mereka," jelas dia.

Untuk informasi tambahan terkait IIEF dan TOEFL Lounge, maka bisa kunjungi situs www.iief.or.id atau hubungi IIEF Testing Division di testing@iief.or.id.

IIEF adalah organisasi pendidikan di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1982.

Baca juga: Jokowi Minta PPDB Sistem Zonasi Dihapus, Kemendikbud Buka Suara

IIEF telah melayani lebih dari 2 juta peserta ujian seluruh Indonesia dan bekerja sama dengan tidak kurang dari 300 perguruan tinggi dan Lembaga Bahasa di seluruh Indonesia. IIEF merupakan perwakilan resmi ETS di Indonesia untuk TOEFL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com