Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permen Antidiabetes, Inovasi Mahasiswa UMM

Kompas.com - 01/08/2023, 07:27 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Diabetes menjadi salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Namun, penanganan di masyarakat hanya sebatas membatasi asupan gula atau melakukan suntik insulin.

Biasanya penderita diabetes menghindari makanan manis. Salah satunya permen.

Berangkat dari hal tersebut, tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengembangkan inovasi berupa permen jeli sebagai upaya preventif, utamanya di kalangan anak-anak.

Menariknya, ide yang dituangkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini berhasil lolos dan didanai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca juga: Dosen UMM: Indonesia Diprediksi Posisi 6 Penderita Diabetes Terbanyak pada 2030

Adapun tim tersebut terdiri dari mahasiswa Jurusan Ilmu Teknologi Pangan (ITP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Ketua tim PKM, Herlina Diah Ayu Rosita mengatakan, permen jeli ini dibuat dengan bahan dasar ekstrak zerumbone pada lempuyang dengan xylitol ampas tebu.

Pemilihan bahan ini tidak lepas dari realita bahwa kandungan lempuyang memiliki khasiat yang dapat dijadikan alternatif pengontrol gula darah.

“Apalagi, bahan ini sangat mudah didapatkan dan diperjualbelikan di pasar dengan harga yang terjangkau. Sehingga semua kalangan bisa dengan mudah menemukan dan menggunakannya,” kata dia dilansir dari rilis UMM.

Baca juga: Gaji Bisa di Atas Rp 10 Juta, Ini Cara Menjadi Auditor Kata Dosen UMM

Herlina, begitu ia kerap disapa, menjelaskan bahwa masyarakat hanya diminta membatasi asupan gula untuk mengantisipasi diabetes. Selain itu juga melakukan suntik insulin.

"Padahal, hal itu memerlukan biaya yang tidak sedikit sehingga mereka yang memiliki ekonomi rendah tidak dapat memenuhi kesehatan tubuhnya,” katanya menambahkan.

Sejauh ini, menurut Herlina belum ada penelitian yang membahas ekstrak zerumbone pada lempuyang dengan xylitol ampas tebu.

Beberapa di antaranya hanya membahas mengenai anti-hyperglycemia dengan ekstrak jahe yang hanya mengurangi kadar gula darah yang tinggi pada tubuh.

Hingga saat ini, PKM-RE ini sudah masuk ke tahap pengesktrakan tumbuhan lempuyang wangi dan fermentasi xylitol.

Ia mengaku, timnya cukup kesusahan mencari daftar referensi yang bagus dalam melakukan metode pembuatannya.

“Iya, permen jeli ini masih dalam tahap pengembangan dan penelitian. Tapi saya yakin, dalam waktu dekat produknya sudah bisa diproduksi dan dicoba,” katanya optimistis.

Terakhir, ia dan tim berharap inovasi permen jeli ini bisa merubah perspektif masyarakat tentang permen yang biasanya dinilai tinggi gula.

Baca juga: Polines Inovasi Sistem Monitoring dan EWS Tanah Longsor

Selain itu, juga menekan angka anak-anak yang potensial terkena penyakit diabetes di masa muda, bahkan saat tua nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com