Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LP3M UNJ Gelar Yudisium 2.402 Lulusan PPG Dalam Jabatan Angkatan 2022

Kompas.com - 22/07/2023, 18:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar yudisium lulusan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan periode tahun 2022. Acara dilaksanakan hibrid di Gedung Dewi Sartika, Jakarta dan melalui Zoom live streaming di kanal YouTube Edura TV.

Yudisium PPG dalam jabatan periode tahun 2022 UNJ ini diikuti 2.402 peserta berasal dari 15 program studi dengan rincian; peserta dari Kemedikbudristek 2.181 dan Kemenag sejumlah 221.

Adapun peserta yudisium yang dilaksanakan pada Sabtu, 22 Juli 2023 dihadiri secara luring sebagai perwakilan sebanyak 111 orang dan peserta yudisium hadir secara daring sebanyak 2.291 orang.

Ketua PPG UNJ, Daryanto dalam sambutan menyampaikan, “selamat kepada mahasiswa PPG atas keberhasilan yang lulus pada uji kompetensi, uji pengetahuan dan uji kinerja yang sudah berusaha dan berjuang keras bukan hanya sekali, bahkan ada yang berulang kali."

"Pada yudisium ini, merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan setelah mahasiswa dinyatakan lulus dengan tujuan untuk mengumumkan nilai dan menyempurnakan proses kegiatan PPG UNJ,” jelas Daryanto.

PPG UNJ pada tahun 2022 telah menunaikan amanah yang diberikan Kemendikbudristek dan Kemenag yang dilakukan secara daring bagi guru yang tersebar di 34 Provinsi. Prodi-prodi di UNJ diberi kepercayaan Direktorat melaksanakan uji pengetahuan dan seleksi subtantif calon mahasiswa prajabatan.

Peserta yudisium yang hadir secara luring 111 orang perwakilan dari masing-masing program studi, dengan komposisi Kemenag sebanyak 9 orang dan Kemendikbudristek sebanyak 102 peserta yang berdomisili di Jabodetabek.

“Terlaksana yudisum ini karena rekan-rekan pengelola yang sudah bekerja selama siang malam dan tentu dukungan dari berbagai pihak dan tentu arahan dan bimbingan dari para pimpinan UNJ, terima kasih atas dukungan yang luar biasa,” tutup Daryanto.

Baca juga: Calon Maba UB Ini Nazar Jalan Kaki 10 Km Karena Lulus Jalur Mandiri

Kesadaran belajar seumur hidup

Prof. Muhammad Zid, Ketua LP3M UNJ menyampaikan, menjadi guru tentu bukan sembarang orang, bukan hanya karena kepintaran, namun karena memiliki kualifikasi sendiri yang dicirikan 4 kompetensi, yaitu: kepribadian, pedagogik, sosial dan profesional.

"Dan guru yang di depan kita merupakan guru profesional sebenarnya karena sudah sah dan memiliki sertifikat pendidik. Tolong tunjukkan sebagai guru profesional yang sudah menimba ilmu di UNJ, kampus yang sudah unggul," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com